Hotel Terapung Bisa Jadi Potensi Bisnis Baru di Sungai Mahakam

Hotel Terapung Bisa Jadi Potensi Bisnis Baru di Sungai Mahakam

Kapal wisata di Sungai Mahakam ini berpotensi diperluas layanan bisnisnya menjadi hotel terapung.-(Foto/Istimewa)-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Seiring dengan perkembangan zaman dan kehadiran Ibu Kota Nusantara (IKN), berbagai inovasi bisnis terus bermunculan. 

Salah satu gagasan menarik yang tengah menjadi perbincangan adalah pengembangan hotel terapung di Sungai Mahakam, Samarinda. 

Potensi Sungai Mahakam yang luar biasa dijadikan inspirasi oleh Penjabat Gubernur Kaltim, Akmal Malik, untuk menawarkan konsep bisnis baru yang menarik dan unik.

BACA JUGA: Dongkrak Ekonomi Lokal Melalui Pemberdayaan UMKM dan Ekonomi Kreatif

Sejarah dan Potensi Sungai Mahakam

Pada era 90-an, Samarinda pernah memiliki diskotik terapung yang terletak tidak jauh dari Jembatan Mahakam. Tempat ini menjadi bagian dari kenangan generasi Baby Boomers dan Gen Bust yang tinggal di Kota Tepian. 

Kini, lokasi diskotik tersebut telah disulap menjadi bagian dari Taman Bebaya Tepian Mahakam di Jalan Slamet Riyadi, Samarinda. 

Melihat potensi besar yang dimiliki Sungai Mahakam, Akmal Malik mengusulkan konsep hotel terapung yang diyakini bisa menjadi daya tarik wisata baru di Samarinda.

"Potensi Sungai Mahakam sangat luar biasa," kata Akmal Malik saat mengajak rombongan dari Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang menikmati susur Sungai Mahakam, belum lama ini. 

Akmal menyarankan agar para pemilik kapal dan investor lokal bisa menangkap peluang bisnis ini dan mengembangkannya menjadi lebih dari sekadar wisata susur sungai.

BACA JUGA: Menengok Wisata 'Ekstrem' Goa Tengkorak Paser

Konsep Hotel Terapung

Menurut Akmal, bisnis hotel terapung bisa menjadi alternatif wisata yang sangat menarik bagi wisatawan. Konsep ini melibatkan kapal yang dilengkapi dengan fasilitas layaknya hotel berbintang, berjalan menyusuri Sungai Mahakam. 

"Salah satunya dengan mengembangkan bisnis hotel terapung berjalan di Sungai Mahakam," saran Akmal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: