Aktivitas Luar Ruangan Memperkuat Daya Tahan Anak, ini Alasannya!

Aktivitas Luar Ruangan Memperkuat Daya Tahan Anak, ini Alasannya!

Aktivitas di luar ruangan berkontribusi besar terhadap tumbuh kembang anak.-(Nomorsatukaltim/ Hariadi)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Aktivitas luar ruangan memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan fisik anak-anak. 

Melalui aktivitas seperti berlari, memanjat, dan menjelajahi alam, anak-anak dapat mengembangkan otot, meningkatkan kesehatan kardiovaskular, dan menjaga berat badan yang sehat. 

Aktivitas fisik yang teratur juga mengurangi risiko kondisi kronis seperti obesitas dan diabetes tipe 2. Selain itu, bermain di luar ruangan membantu anak-anak meningkatkan keterampilan motorik dan koordinasi mereka.

Pakar psikologi Palo Alo University, Dr Breanna Gentile melalui Psycology Today menyatakan bahwa kesehatan fisik yang baik sangat terkait dengan kesejahteraan mental

"Anak-anak yang aktif secara fisik cenderung lebih bahagia dan lebih percaya diri. Aktivitas fisik di luar ruangan dapat menurunkan tingkat stres dan kecemasan, serta meningkatkan kadar endorfin dan serotonin yang dapat memperbaiki suasana hati. Menghadapi tantangan di luar ruangan juga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan diri anak," terangnya, dikutip Rabu (17/7/2024).

Menurutnya, mengintegrasikan aktivitas luar ruangan ke dalam rutinitas harian anak-anak mendukung perkembangan holistik mereka, meningkatkan kesehatan fisik dan kesejahteraan mental.

BACA JUGA: 6 Penyebab Kebotakan ini Ternyata Hanya Mitos, Apa Saja?

Ia melanjutkan, alam memiliki efek menenangkan pada pikiran, dan banyak penelitian menunjukkan dampak positifnya terhadap kesehatan mental. 

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Frontiers in Psychology menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di ruang hijau dapat secara signifikan mengurangi stres, kecemasan, dan gejala depresi. 

"Lingkungan alami ini menyediakan tempat yang damai bagi anak-anak untuk melepaskan diri dari tekanan hidup sehari-hari, memberikan mereka kesempatan untuk bersantai dan mengisi ulang energi," urainya.

Penelitian dalam Journal of Environmental Psychology menunjukkan bahwa aktivitas luar ruangan memungkinkan anak-anak untuk mengekspresikan diri mereka dengan bebas, meningkatkan kesejahteraan emosional mereka dan mengurangi perasaan frustrasi atau gelisah. 

Ini juga didukung oleh temuan dari University of Illinois Urbana-Champaign, yang menunjukkan bahwa paparan lingkungan alami dapat meningkatkan rentang perhatian dan kontrol impuls pada anak-anak.

Dengan menggabungkan bermain di luar ruangan ke dalam rutinitas anak-anak, para orangtua dapat membantu menumbuhkan hubungan positif dengan alam sambil mempromosikan ketahanan mental dan keseimbangan emosional.

BACA JUGA: Usia Harapan Hidup Orang Indonesia Naik Jadi 74 Tahun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: