KPU Samarinda Berikan Asuransi untuk KPPS Pilkada Serentak 2024

KPU Samarinda Berikan Asuransi untuk KPPS Pilkada Serentak 2024

Ketua KPU Samarinda, Firman Hidayat saat diwawancarai langsung, pada Sabtu (24/6/2024).-(Disway Kaltim/ Salsa)-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda, akan mendaftarkan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KKPS) Pilkada Serentak 2024 dalam program asuransi BPJS.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua KPU Kota Samarinda, Firman Hidayat, usai menyelesaikan rapat pleno rekapitulasi perhitungan ulang surat suara (PUSS) di Hotel Harris Samarinda.

BPJS nanti bebannya ada di Provinsi, karena KKPS jumlahnya yang banyak. Jadi dibebankan ke KPU, tapi sekarang sudah ada anggaran yang kami alokasikan tinggal menunggu juknis aja,” kata Firman Hidayat saat diwawancarai, Sabtu (29/6/2024).

BACA JUGA: Perpedayak Gelar Deklarasi Dukung Isran Noor sebagai Gubernur Kaltim pada Pilkada 2024

Berdasarkan pengalaman penyelenggara Pemilu (Pemilihan umum) 2024 kemarin, adanya kecelakaan dan berbagai musibah. Maka, KPU RI menginginkan bagi petugas KPPS dapat diasuransikan. 

“Saya sudah alokasikan jumlah anggarannya, untuk disesuaikan dengan kebutuhan pembayaran premi BPJS perorangnya,” ucap Firman, sapaan akrabnya.

Firman menyebut, alokasi anggaran untuk kebutuhan BPJS sebanyak Rp400 juta dengan biaya premi kisaran Rp 17-19 ribu per orang. 

“Ya jadi kalau kita bayarkan premi asuransi BPJS itu, nanti masing-masing penyelenggara ya tinggal bayarkan,” sebutnya.

BACA JUGA: Celni Pita Sari Pimpin DPW NasDem Kaltim

Lanjut Firman, saat ini hampir semua orang sudah memiliki BPJS. Bagi yang tidak terdata di BPJS atau tidak aktif akan didaftarkan kembali.

KPU Samarinda akan mendaftarkannya untuk yang tidak aktif, kalau yang masih aktif ya akan diteruskan,” ujarnya.

Firman menekankan, alokasi anggaran BPJS itu murni dari KPU Samarinda melalui alur pembiayaan Pilkada 2024. 

KPU Samarinda mengajukan anggaran kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda. Kemudian, diteruskan ke Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), turun ke Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), lalu dicairkan ke KPU Samarinda.

BACA JUGA: Andi Harun Sudah Kantongi Tiga Nama Calon Pendampingnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: