Upaya Kendalikan Banjir, Pemkot Samarinda Lakukan Perbaikan Drainase di Jalan Pangeran Suryanata

Upaya Kendalikan Banjir, Pemkot Samarinda Lakukan Perbaikan Drainase di Jalan Pangeran Suryanata

Perbaikan Drainase-(Disway Kaltim/Ari)-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Salah satu program utama dengan skala paling prioritas dari Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda adalah pengendalian banjir.

Terbaru Pemkot melakukan perbaikan sistem drainase yang ada di Jalan Pangeran Suryanata, Kelurahann Air Putih, Kecamatan Samarinda Ulu, Kota Samarinda.

Hal tersebut merupakan upaya dari Pemkot untuk mengendalikan banjir yang selama ini selalu merepotkan masyarakat Kota Samarinda, terutama ketika memasuki musim penghujan.

Menurut Ketua Tim Wali Kota Percepatan Pembangunan (TWAP), Syaparuddin, perbaikan sistem drainase dilakukan di dua titik langganan banjir.

Pertama ada di Jalan KS Tubun dan kedua di Jalan Pangeran Suryanata.

BACA JUGA : Masjid Islamic Center Samarinda Berencana Bangun Fasilitas Pendukung untuk Turis

"Oleh karena itu wali kota menugaskan kepada PUPR, agar memastikan titik-titik krusial banjir bisa segera dituntaskan," tegas Syaparuddin pada Jumat 28 Juni 2024.

Lebih lanjut, Syaparudin menjelaskan bahwa proyek perbaikan drainase ini akan dilakukan di sepanjang Jalan Pangeran Suryanata. Dari hal tersebut, Syaparuddin menyampaikan permohonan maaf dari Wali Kota Samarinda, karena dengan adanya pekerjaan tersebut, menimbulkan kemacetan lalu lintas.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, bahwa Jalan Pangeran Suryanata merupakan salah satu jalan utama dalam mobilitas masyarakat dari Kota Samarinda ke Kabupaten Kutai Karatanegara, tepatnya Tenggarong ataupun sebaliknya.

BACA JUGA : Borneo FC Gelar Latihan Perdana Setelah Libur Kompetisi Liga 1

Namun demikian, pekerjaan pebaikan drainase ini harus dilakukan, agar kedapannya Kota Samarinda bebas dari banjir bukan hanya menjadi omongan belaka saja. Selain itu, dari dulu Jalan Pangeran Suryanata merupakan titik yang paling rawan dan paling dalam banjirnya.

Salah satu contoh kasus banjir terbaru di Jalan Pangeran Suryanata terjadi pada Sabtu 8 Juni 2024,lalu.

Saat itu Samarinda digugyur hujan deras selama 2 jam, alhasil pemukiman di Jalan Suryanata tergenang dengan tinggi banjir sepinggang orang dewasa.

Terpisah, Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Khanif Priyo Utomo menjelaskan, proyek perbaikan drainase air di Jalan Pangeran Suryanata menelan anggaran sebesar Rp 19,2 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: