Pengelolaan Sampah Kurang Maksimal, Pulau Maratua Butuh TPA Khusus

Pengelolaan Sampah Kurang Maksimal, Pulau Maratua Butuh TPA Khusus

Penampakan pembuangan sampah di Maratua.-(Disway Kaltim)-

 

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Berau, Sa’ga, meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau segera membangun Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) di Pulau Maratua.

 

Menurutnya, Pemkab Berau tidak memiliki alasan untuk tidak membangun TPA di Pulau Maratua. Sebab, ini perlu dilakukan untuk menangani masalah lingkungan yang ada di Pulau Maratua.

 

"TPA ini kan sangat dibutuhkan oleh masyarakat disana, ya kita berharap, ada upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengurangi sampah tersebut,” kata Sa’ga, Kamis (27/6/2024).

 

Untuk itu, Sa’ga mendorong permasalahan tersebut harus segera ditangani, karena masalah sampah pasti akan mengganggu destinasi wisata.

BACA JUGA : Atasi Krisis di Maratua, Pemkab Berau Siapkan Rp 14 Miliar untuk Pembangungan Tahap 1 Embung Air

Mengingat Pulau Maratua merupakan destinasi unggulan Kabupaten Berau. Sehingga nanti masyarakat yang ada di Maratua tidak kebingungan lagi untuk membuang sampah.

“Baik sampah limbah maupun sampah rumah tangga," ujarnya.

BACA JUGA : Soroti Pecandu Judi Online, Bupati Sri Juniarsih: Perlu Ada Pembinaan

 

Menurutnya, TPA yang akan dibangun jangan hanya TPA yang biasa saja, melainkan TPA dengan konsep dengan modern, sehingga tidak menimbulkan masalah baru di kemudian hari.

 

“Salah satunya aroma tidak sedap akan menyebar, dan TPA ini juga termasuk salah satu fasilitas wisata. Jadi, kita dorong agar segera terealisasi,” tandasnya.

 

Menanggapi hal tersebut, Bupati Berau Sri Juniarsih Mas menyampaikan, bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau bakal mengupayakan TPA di Maratua dengan konsep yang lebih modern.

Pemkab Berau akan mencarikan formula tepat untuk penanganan sampah di Maratua.

BACA JUGA : Pelaksanaan Pesta Budaya Meja Panjang Resmi Berakhir, Diharapkan Bawa Manfaat Ekonomi

Langkah konkret kedepan sampah tidak lagi dibiarkan menggunung, melainkan sampah tersebut bisa diproses dan diproduksi untuk pembangunan di Maratua.

 

“Akan kita bangun TPA modern. Nanti kita carikan formula tepat untuk penanganan sampah ini," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: