Penanganan Pasca Banjir, Disdikbud Mahulu Ajukan Pergeseran Anggaran

Penanganan Pasca Banjir, Disdikbud Mahulu Ajukan Pergeseran Anggaran

Salah satu sekolaj terdampak banjir di Mahulu.-istimewa-

MAHULU, NOMORSATUKALTIM- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Mahakam Ulu (Mahulu) harus berputar otak setelah sejumlah sekolah terendam banjir beberapa waktu lalu.

Sekolah-Sekolah yang terdampak banjir mengalami kerusakan sarana dan prasarana (Sarpras). Seperti komputer, buku-buku dan perlengkapan lainnya yang tidak layak dipakai lagi.

Kepala Disdikbud Mahulu, Samson Batang mengatakan bahwa untuk penanganan pasca banjir, pihaknya telah mengajukan pergeseran anggaran. Anggaran tersebut nantinya akan digunakan untuk pengadaan Sarpras baru di sejumlah sekolah yang terdampak banjir.

BACA JUGA:Usai Dilanda Banjir, Fasilitas Sekolah di Mahulu Banyak Rusak

Pengajuan pergeseran anggaran tersebut karena Disdikbud tidak memiliki anggaran khusus untuk penanganan banjir di seluruh sekolah.

"Jumlah anggaran yang kita ajukan sekitar Rp 3-4 Miliar itu bersumber dari APBD Mahulu. Dan itu sudah disetujui oleh TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah)," ungkap Samson Batang kepada media ini, Kamis (20/6/2024).

Terkait pengadaan Sarpras baru, Disdikbud masih menunggu data pasti dari setiap sekolah, terutama data fasilitas sekolah yang rusak. Dari data tersebut, pihaknya akan mempertimbangkan untuk melakukan pengadaan Sarpras baru lagi, dan tentunya akan disesuaikan dengan anggaran yang tersedia.

Diakuinya bahwa dampak banjir beberapa waktu lalu memang mengakibatkan fasilitas di sekolah banyak yang rusak. Bahkan fasilitas sekolah yang masih baru juga ikut terendam.

BACA JUGA:Pedagang di Pasar Ujoh Bilang Mahulu Alami Kerugian hingga Puluhan Juta Akibat Diterjang Banjir

"Terkait fasilitas yang menjadi prioritas tentu kami akan menyesuaikan dengan kebutuhan. Karena kami juga masih menunggu data dari setiap sekolah. Tapi yang pasti kita akan melakukan pengadaan baru terutama untuk ATK dan beberapa fasilitas lainnya," ujar Samson.

BACA JUGA:Kepala Kemenag Mahulu: Iduladha Jadi Momentum Perkuat Ikatan Kepedulian Sosial

Guna menghindari dampak musibah banjir di kemudian hari, Disdikbud Mahulu menginginkan agar seluruh sekolah yang terdampak banjir dapat direlokasi atau dipindahkan ke tempat yang aman. Namun keinginan itu selalu dihadapkan dengan banyak kendala, terutama terkait pengadaan lahan atau lokasi yang akan dibangunkan sekolah.

"Maunya kita sekolah-sekolah yang terdampak banjir itu direlokasi. Karena banjir ini tidak bisa diprediksi. Tapi kan kesulitan kita membangun ini karena nggak ada lokasinya. Kalau ada lokasi sih kita siap aja merelokasikan," tutup Samson.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: