Hindari Budaya Konsumtif, KSP CU Daya Lestari Ajak Masyarakat Mahulu Menabung

Hindari Budaya Konsumtif, KSP CU Daya Lestari Ajak Masyarakat Mahulu Menabung

Kepala KSP Credit Union Daya Lestari, TP Kirap Ngayang Mahulu, Agustus Ngo.-iswanto/disway-

Bahkan, saat ini jumlah warga Mahulu yang telah berstatus anggota di CU sebanyak 2.035 orang. Setiap tahun selalu mengalami penambahan anggota hingga mencapai 94 persen.

Menurutnya, kehadiran lembaga CU terutama di Mahulu sebagai solusi bagi masyarakat agar tidak terjebak dalam kehidupan konsumtif (boros). Kemudian kehadiran lembaga CU juga sebagai solusi untuk memberantas persoalan sosial di masyarakat seperti perjudian dan lainnya.

"Kita memang intens melakukan edukasi ke anggota supaya produktif untuk menabung. Kemudian kami juga memberikan edukasi agar anggota bisa memiliki jiwa entrepreneur (pengusaha). Tentu kita sangat berharap masyarakat Mahulu bisa merubah pola pikir dari cara berpikir lama (konsumtif,red) menjadi baru yang lebih produktif," terangnya.

BACA JUGA:Pedagang di Pasar Ujoh Bilang Mahulu Alami Kerugian hingga Puluhan Juta Akibat Diterjang Banjir

Lebih lanjut, Agustinus mengatakan bahwa, untuk simpanan di CU terdiri dari beberapa jenis. Ada simpanan saham dan non saham yang tentunya juga memiliki kesamaan dengan lembaga perbankan pada umumnya.

Hanya saja, di lembaga CU memiliki produk unggulan yakni simpanan SINATA dengan suku bunga simpanan sebesar 4 persen. Namun suku bunga tersebut sewaktu-waktu bisa berubah, tergantung kondisi ekonomi.

"Kalau bunga pinjaman sebesar 1 persen ke bawah. Tidak jauh-jauh dari bank karena sama," terangnya.

Agustinus kemudian mengajak seluruh masyarakat Mahulu, terutama bagi masyarakat menengah kebawah untuk dapat bergabung di lembaga CU. Sebab, kehadiran lembaga CU tentunya memiliki manfaat baik, terutama dalam meningkatkan kesejahteraan serta mengurangi angka kemiskinan di daerah. Dengan menabung dan menjadi anggota CU tentu memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan di masa depan.

"Mari menggunakan CU ini sebagai alat kita untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Banyak peluang, misalnya anggota bisa meminjam untuk bangun usaha, dan lainnya. Artinya CU juga bisa membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Apalagi kehidupan di Mahulu ini serba mahal, kalau kita tidak pandai mengatur keuangan maka akan sulit hidup kedepan," serunya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: