Hindari Budaya Konsumtif, KSP CU Daya Lestari Ajak Masyarakat Mahulu Menabung

Hindari Budaya Konsumtif, KSP CU Daya Lestari Ajak Masyarakat Mahulu Menabung

Kepala KSP Credit Union Daya Lestari, TP Kirap Ngayang Mahulu, Agustus Ngo.-iswanto/disway-

MAHULU, NOMORSATUKALTIM - Koperasi Simpan Pinjam ( KSP) Credit Union Daya Lestari TP Kirap Ngayang, membuka kesempatan bagi seluruh warga Mahakam Ulu (Mahulu), untuk menabung.

Lembaga pemberdayaan masyarakat yang bergerak di bidang keuangan ini juga memiliki komitmen mengedukasi masyarakat, tentang tata cara pengelolaan keuangan. Hal itu disampaikan Kepala KSP Credit Union Daya Lestari, TP Kirap Ngayang Mahulu, Agustinus Ngo. 

"Keunggulan CU (Credit Union) ini juga bisa memberikan edukasi tentang pengelolaan keuangan, itu yang membedakan kita dengan lembaga keuangan lain,” kata Agustinus Ngo kepada media ini, Senin (10/6/2024).

Agustinus Ngo juga menambahkan CU bertujuan mengedukasi anggota mereka supaya bisa mengatur keuangan dengan baik dan bisa menabung. Dari hasil tabungan mereka bisa mengelola usaha untuk meningkatkan kesejahteraan. 

BACA JUGA:KPU Mahulu Butuh 112 Orang, Rekrutmen Pantarlih Pilkada 2024 Segera Dibuka! Ini Syaratnya!

"Kalau di CU memang diajari, diedukasi, bagaimana cara mengelola keuangan. Bahkan kalau ada anggota ataupun masyarakat yang belum nabung, kami ingatkan untuk menabung, supaya mereka terbiasa mengatur keuangan. Jadi sebenarnya CU ini lembaga pemberdayaan yang bergerak di bidang keuangan," jelasnya lagi.

Di CU, kata Agustinus, sebenarnya banyak produk yang disediakan, dan tentunya akan disesuaikan dengan kebutuhan anggota mulai dari sejak lahir sampai meninggal dunia.

Beberapa produk yang disediakan seperti TAS (Tabungan Anak Sekolah). Produk ini tentunya sangat tepat bagi anggota yang memiliki kebutuhan di bidang pendidikan. Kemudian produk LAMIN, produk ini juga sangat diperlukan bagi anggota yang memiliki kebutuhan untuk membangun rumah ataupun tempat usaha.

Tak hanya itu, CU juga memiliki produk NGUYOQ. Produk ini diperuntukkan bagi anggota saat berada dalam situasi darurat atau emergency.

"Seperti kemarin baru saja Mahulu terjadi musibah banjir. Di CU ini juga ada produk itu, namanya NGUYOQ atau simpanan emergency saat kondisi darurat. Jadi banyak hal yang bermanfaat," ungkapnya.

Selama ini, sudah banyak manfaat yang dirasakan masyarakat setelah bergabung di CU. Baik manfaat dalam bentuk pembiayaan pendidikan maupun bantuan modal usaha. Agustinus Ngo mencontohkan ada anak salah satu anggota bisa lulus kuliah hingga meraih gelar sarjana, karena mereka menabung di CU. Mereka memijam uang di CU untuk kebutuhan pendidikan.  Kemudian ada pula anggota yang meminjam uang akhirnya bisa kelola usaha.

BACA JUGA:Usai Dilanda Banjir, Fasilitas Sekolah di Mahulu Banyak Rusak 

“Yang dulunya tidak berkembang, tapi ketika butuh permodalan dalam bentuk pinjaman mereka bisa mengembangkan usahanya.” 

Repsons dan antusias masyarakat Mahulu untuk bergabung di CU selama ini, kata Agustinus, cukup tinggi dan selalu mengalami peningkatan yang signifikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: