Tahun Ini, DPRD dan Pemkab Kutim Produktif Buat Ranperda

Tahun Ini, DPRD dan Pemkab Kutim Produktif Buat Ranperda

Anggota DPRD Kutai Timur (Kutim), Agusriansyah Ridwan.-ist-Eko


Banner DPRD Kutai Timur--

KUTIM, NOMORSATUKALTIM - Anggota DPRD Kutai Timur (Kutim), Agusriansyah Ridwan, menyebutkan bahwa pihaknya dan Pemkab Kutim tahun ini cukup produktif dalam menelurkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang diusulkan oleh kedua belah pihak.  

"Kurang lebih ada 19 Ranperda dari pemerintah dan ada 9 inisiatif dari DPRD," ujarnya saat diwawancarai di halaman kantor DPRD Kutim, belum lama ini.

Ia juga menambahkan bahwa selama masa jabatannya sebagai Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda), telah terjadi progres yang signifikan dalam penyelesaian Ranperda setiap tahunnya.

"Alhamdulillah, selama saya jadi ketua Bapemperda, memang ada progres yang mampu diselesaikan setiap tahunnya," lanjutnya.

Menurutnya, salah-satu Ranperda yang dibahas setiap tahun adalah Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD), baik murni maupun perubahan.

"Di antara Ranperda yang ada setiap tahun itu termasuk di antaranya soal RAPBD, baik murni maupun perubahan," jelasnya.

Ia mengatakan, semua Ranperda yang diusulkan telah melalui proses verifikasi dan dianggap sangat mendesak.

"Dari usulan pemerintah yang awalnya mencapai 30 hingga 40 Ranperda, akhirnya disepakati menjadi 19. Sedangkan dari DPRD, dari berpuluh-puluh inisiatif menjadi 9," tambahnya.

Agusriansyah juga menyoroti pentingnya aturan mengenai perkebunan berkelanjutan yang di dalamnya termasuk korelasi dengan transportasi.

"Di antara poin-poin itu, saya rasa di antaranya adalah soal bagaimana ada aturan perkebunan secara berkelanjutan yang didalamnya bagaimana dikorelasikan dengan transportasi. Misalnya tentang sawit, alat timbang, hilirisasi, dan sebagainya," ungkapnya.

Selain itu, Agusriansyah menegaskan pentingnya peraturan di berbagai sektor, termasuk dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan bidang olahraga.

"Saya rasa banyak hal-hal urgen yang harus dibuat perdanya, baik dari dinas PUPR, dinas keolahragaan, itu juga perlu segera kita selesaikan," pungkasnya. (*/oke)

Post View: website counter

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: