Tenaga Kesehatan Paser Sampaikan 11 Tuntutan ke DPRD

Tenaga Kesehatan Paser Sampaikan 11 Tuntutan ke DPRD

Forum Komunikasi Puskesmas saat rapat dengar pendapat di DPRD Paser. -istimewa-

PASER, NOMORSATUKALTIM - Mulai pemerataan sumber daya manusia (SDM) tenaga kesehatan untuk penempatan di fasilitas kesehatan hingga sarana dan prasarana (Sarpras) pelayanan kesehatan disampaikan Forum Komunikasi Puskesmas kepada DPRD Paser.

Setidaknya, terdapat 11 poin persoalan yang disampaikan  Forum Komunikasi Puskesmas. Unek-unek itu diutarakan saat hearing yang dilakukan di Ruang Rapat Pimpinan DPRD Paser, Selasa (28/5/2024).

Sekertaris DPRD Paser, Iskandar Zulkarnaen menyampaikan,  kegiatan ini merupakan bagian dari menyikapi surat dari Ketua Forum Komunikasi Puskesmas Kabupaten Paser yang menginginkan adanya Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan DPRD Paser. 

BACA JUGA:ANRI Catat Kepatuhan Kebijakan Kearsipan Nasional 2023 Capai 72,98 Persen

"Saya diperintahkan Ketua DPRD Paser, Hendra Wahyudi untuk melaksanakannya hearing ini. Kegiatan ini sifatnya mendadak, dan Anggota DPRD Paser sedang dinas luar," kata Zulkarnaen.

Hasil hearing ini akan ditindaklanjuti, berupa telaahan staf disampaikan ke Pimpinan DPRD Paser untuk mendapatkan langkah selanjutnya.

"Apakah nanti perlu RDP antara Forum Komunikasi Puskesmas dengan DPRD Paser atau nanti memanggil dinas teknis untuk menyampaikan segala sesuatunya," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Forum Komunikasi Puskesmas Paser, dr Andi Emmy Marlina menjelaskan, ada beberapa poin terpenting yang pihaknya sampaikan ke DPRD Paser.

Terpenting adalah SDM Puskesmas. Apabila SDM tercukupi dan dibagi secara merata, tentu akan mewujudkan capaian yang diinginkan. Terkait Sarpras diingunkan staf memiliki laptop, karena mereka masing-masing memiliki program.

Saat ini perkembangan sudah semakin canggih, tentu untuk meningkatkan pelayanan juga harus mulai menggunakan laptop.

"Untuk update data tidak bisa cepat, karena fasilitas yang terbatas, jika sudah semua memegang laptop tentu update data pelayanan juga bisa lebih cepat," tambahnya.

BACA JUGA:Dinas Ketahanan Pangan Paser Gandeng Outlet dari Samarinda untuk Menjaga Pasokan Bahan Pokok

Sejumlah poin ini sudah pernah diusulkan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Paser, namun belum ada tanggapan. Oleh sebab itu, pihaknya menyurati DPRD Paser, agar bisa membantu Pihaknya untuk memenuhi permintaan mereka.

Berikut 11 poin yang disampaikan Forum Komunikasi Puskesmas Kabupaten Paser kepada DPRD Paser

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: