Gelontorkan Rp7,27 Triliun, Pemerintah Target 15 Juta Kendaraan Listrik Mengaspal di 2030

Gelontorkan Rp7,27 Triliun, Pemerintah Target 15 Juta Kendaraan Listrik Mengaspal di 2030

Pemerintah memasang target 15 juta kendaraan listrik mengaspal di Indonesia di tahun 2030.-(Ilustrasi/ Nomorsatukaltim)-

Selain berfokus pada elektrifikasi angkutan jalan penumpang, pemerintah juga mengembangkan standar penghematan bahan bakar untuk kendaraan berat guna menurunkan emisi dalam jangka pendek dan menengah. 

Tahun ini, pemerintah mengalokasikan 11,8 juta ton biodiesel dalam program B35 yang memanfaatkan campuran 35 persen minyak sawit untuk biodiesel. Program ini diproyeksikan dapat mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK) sekitar 34,9 juta ton CO2.

BACA JUGA: Warga Desa Muara Pantuan Masih Menanti Air Bersih dan Listrik 24 Jam

Pemerintah Indonesia yakin bahwa kombinasi regulasi, informasi, dan insentif dapat mendorong efisiensi energi dan langkah-langkah mitigasi di sektor transportasi. 

Dengan langkah-langkah ini, diharapkan masyarakat akan semakin terdorong untuk mengadopsi kendaraan listrik, mendukung target pemerintah untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan ramah lingkungan.

Dengan adanya subsidi dan insentif yang menarik, serta pembangunan infrastruktur yang memadai, pemerintah berharap dapat mencapai target ambisius ini, sekaligus mengurangi emisi karbon dan mendukung pertumbuhan ekonomi hijau di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: