Apa itu Project Astra Google? Simak Penjelasan dan Manfaatnya Bagi Perkembangan Teknologi

Apa itu Project Astra Google? Simak Penjelasan dan Manfaatnya Bagi Perkembangan Teknologi

roject Astra Google dan manfaatnya-Menggunakan kecanggihan AI.-Google/Indian Express-

NOMORSATUKALTIM -  Google semakin canggih dalam mengembangkan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).  Lewat Project Astra Google di I/O 2024, Google menyebut Astra sebagai masa depan asisten AI. Yaitu agen AI universal yang dapat membantu kehidupan sehari-hari. 

Keunggulan Project Astra Google

Adalah asisten AI yang dioperasikan dengan suara Google. Salah satu pendiri Google, Sergey Brin, mengungkapkan Project Astra dirancang untuk membantu dalam kehidupan sehari-hari.

Dikutip dari Times of India, CEO Google DeepMind Demis Hassabis menggambarkan Astra sebagai “agen universal yang membantu dalam kehidupan sehari-hari.” 

BACA JUGA:Youtuber Asal Polandia Ingatkan Dampak Negatif Produk Apple Vision Pro yang Lagi Naik Daun

Bayangkan saja Asisten Google berkekuatan super dengan kecerdasan bawaan Gemini, dengan kemampuan pengenalan gambar seperti yang Anda dapatkan dengan Google Lens. 

Inilah tepatnya Proyek Astra. Sederhananya, Astra adalah asisten AI “multimodal”, yang didukung oleh versi terbaru dari model Gemini Ultra-nya. 

Ini adalah “multimoda” — ia telah dilatih tentang audio, gambar, video, dan teks, dan dapat menghasilkan data dalam semua format tersebut. 

Alat ini dapat memahami lingkungan sekitar Anda menggunakan kamera perangkat dan mengambil input audio, foto, dan video untuk menanggapi pertanyaan dan pertanyaan lanjutan.

Google mengizinkan empat jurnalis sekaligus untuk merasakan pengalaman Astra di zona demo yang sangat terkontrol.

BACA JUGA:Google Hapus Gmail pada 1 Desember, Lakukan ini Agar Email Anda Selamat

Dua peneliti dari tim Project Astra di DeepMind memberi pratinjau tentang cara kerja asisten yang dioperasikan dengan suara. 

Ada empat mode: Storyteller, Pictionary, Free-Form, dan Alliteration.

Selama demo, tim Google meletakkan beberapa mainan lunak di depan kamera, dan asisten dapat menyalin kata-kata pembicara dan membuat cerita berdasarkan objek tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: