Benarkah Mengawali Hari dengan Minum Air Putih Lebih Baik dari Minum Kopi?

Benarkah Mengawali Hari dengan Minum Air Putih Lebih Baik dari Minum Kopi?

ilustrasi minum air putih setelah bangun tidur-istimewa-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Sebagian orang memilih kopi untuk memulai hari. Alasannya, agar lebih semangat dan meningkatkan mood.

Ternyata, jika ingin lebih sehat, bukan kopi yang harus diminum di pagi hari.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi di pagi hari mungkin bukan hal yang biasa.

Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi saat perut kosong berpotensi menyebabkan efek buruk seperti maag dan refluks, atau meminumnya sebelum secangkir air putih berdampak besar pada tingkat hidrasi.

BACA JUGA : Jangan Minum Air Putih Sebelum Tidur? Begini Penjelasan Ilmiahnya

Karena kandungan asam tinggi yang ditemukan di sebagian besar kopi, sebaiknya menghindari meminum kopi sebelum sarapan atau saat perut kosong.

Sebaliknya, ahli diet menyarankan untuk menikmati secangkir kopi bersama dengan makanan untuk membantu mengurangi dampak potensial pada pencernaan.

Meski begitu, sakit perut akibat kopi tidak terjadi pada semua orang.

Dengan kata lain, hanya minum kopi untuk sarapan bukanlah ide yang tepat.

Alasan lain mengapa seseorang mungkin ingin menghindari minum kopi di pagi hari adalah karena kopi dapat menimbulkan efek dehidrasi yang sangat parah.

BACA JUGA : Resep Membuat Nasi Kuning Khas Samarinda Yang Sedap Maknyos Bikin Ketagihan

Faktanya, pakar tidur dan psikolog klinis Michael Breus, PhD merekomendasikan untuk menyimpan secangkir air putih dan bukan cangkir kopi tepat di meja samping tempat tidur ketika bangun.

Alasannya bukan hanya karena air putih sangat baik untuk tubuh, namun karena tidur itu sendiri merupakan peristiwa dehidrasi.

Jadi ketika bangun tidur, hanya air putih yang bisa menyegarkan dan tubuh membutuhkan lebih banyak air. Bukan secangkir kopi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id