Minat Baca Rendah, Literasi di Berau Perlu Inovasi

Minat Baca Rendah, Literasi di Berau Perlu Inovasi

Ilustrasi pelajar sedang membaca buku.--

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Buku adalah jendela dunia. Sayangnya, minat baca di Berau terbilang masih rednah. Padahal, membaca buku tak hanya menambah pengetahuan, namun juga membuka wawasan dan daya pikir.

Untuk itulah, Sekretaris Komis III DPRD Berau, M Ichsan Rapi mendorong Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Berau, meningkatkan minat baca masyarakat di Bumi Batiwakkal (sebutan Kabupaten Berau). Dikatakannya, sinergi DPRD dengan Dispusip bekerjasama melakukan inovasi untuk meningkatkan minat baca.

“Saling kerjasama tentunya bisa mempermudah apa saja rencana dan program yang ingin dilaksanakan untuk meningkatkan literasi,” ujar Ichsan Rapi, Selasa 7 Mei 2024. 

BACA JUGA:Kawal Pengelolaan Anggaran Kampung, Kejari Berau Sosialisasi Program Jaga Desa

Pria yang akrab disapa Daeng Icang itu menyebut, perbanyak ruang baca terbuka dan banyak mengadakan event mendongeng atau membaca puisi juga mengundang anak sekolah untuk berkunjung ke perpustakaan bisa meningkatkan minat baca.

“Sasarannya bisa dari Paud atau TK dan SD, jadi sejak dini sudah dibiasakan untuk mengenal buku, sehingga dapat meningkatkan literasi,” katanya.

Icang berharap, perpustakaan yang ada jugan bisa dibenahi dengan sebaik-baiknya untuk menciptakan suasana yang lebih nyaman dan menyenangkan agar pembaca betah berlama-lama di perpustakaan tersebut. 

“Diperindah agar membuat pembaca ini nyaman dan betah berlama-lama di perpustakaan,” tuturnya.

Selain itu, kata dia, dari segi koleksi buku yang tersedia di perpustakaan bisa diperbanyak dan lebih beragam jenisnya. Serta, sosialisasi ke masyarakat juga mesti rutin dilakukan agar masyarakat bisa lebih memperhatikan pentingnya literasi. 

“Sosialisasi kepada masyarakat bisa jadi nilai tambah dalam upaya meningkatkan literasi ini,” tambahnya.

Ichsan berharap, sinergitas DPRD dengan Dispusip bisa dipererat untuk bersama-sama menyusun dan menjalankan program peningkatan literasi di Kabupaten Berau. 

“Tingkatkan SDM lewat literasi, upaya kita bersama wujudkan masyarakat cerdas,” imbuhnya.

BACA JUGA:9 Kecamatan di Berau Perlu Rekrutmen Panwascam Baru untuk Pilkada Serentak 2024

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Perpustakaan dan Pemberdayaan Kegemaran Membaca (P3KM) Dispusip Berau, Nurseha, mengungkapkan, Dispusip Berau sampai saat ini masih terus mencoba dalam mengembangkan minat baca masyarakat di Kabupaten Berau dengan melaksanakan berbagai kegiatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: