Hingga April Sudah Rp 10 M, DPMD Kukar Optimistis Mampu Tingkatkan Penyerapan Anggaran

Hingga April Sudah Rp 10 M, DPMD Kukar Optimistis Mampu Tingkatkan Penyerapan Anggaran

Kepala DPMD Kukar, Arianto.-ist-diskominfo kukar


--
KUKAR, NOMORSATUKALTIM - Sadar akan pentingnya percepatan penyerapan anggaran bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kutai Kartanegara (Kukar) bertekad untuk meningkatkan penyerapan anggaran tahun 2024 ini.

Kendati dihadapkan pada kendala teknis, hingga April 2024 ini penyerapan anggaran sudah berkisar Rp10 miliar dari total anggaran Rp 26 miliar.

Kepala DPMD Kukar, Arianto, menyoroti kendala seperti penyesuaian Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) dan pengukuhan pejabat baru sebagai penyebab utama lambatnya penyerapan anggaran.

“Kami sedang berupaya menyelesaikan kendala teknis ini,” terang Arianto.

Untuk mengatasi masalah ini, DPMD Kukar telah mengambil langkah penyesuaian proposal pengadaan sarana prasarana desa dan penyesuaian program Data Desa Presisi.

Langkah-langkah ini diharapkan akan mempercepat penyerapan anggaran yang telah direncanakan sebelumnya. Sehingga diharapkan anggaran yang terserap itu nantinya mampu memberikan efek pengganda bagi perputaran ekonomi masyarakat.

Arianto optimistis bahwa dengan langkah-langkah yang telah direncanakan, penyerapan anggaran akan meningkat. “Kami menargetkan semua dokumen akan siap di akhir April, sehingga realisasi fisik dan pembayaran dapat selesai di bulan Mei,” ujar Arianto. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: