Kuartal I 2024 Pendapatan Indosat Naik Rp 13,8 Miliar

Kuartal I 2024 Pendapatan Indosat Naik Rp 13,8 Miliar

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) mencatat kenaikan pendapatan selama kuartal I 2024.-istimewa/indosat-

NOMORSATUKALTIM – Selama kuartal pertama 2024, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) mencatat total pendapatan sebesar Rp13, 835 miliar, atau meningkat 15,8 persen dibandingkan tahun sebelumnya (YoY). Indosat pun membukukan pencapaian solid dalam kinerja finansial dan operasional. 

Sementara itu, EBITDA tumbuh lebih cepat dari pendapatan, peningkatannya menapai 22,1 persen YoY menjadi Rp6.509 miliar. Kinerja keuangan yang cemerlang ini, mendorong peningkatan EBITDA Margin Indosat menjadi 47,0 persen, dan menghasilkan Laba Periode Berjalan yang Dapat Diatribusikan kepada Pemilik Entitas Induk, sebesar Rp 1.295 miliar. Naik 39,4 persen dari tahun sebelumnya (yoy).

Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison mengatakan, pencapaian kuartal pertama tersebut menunjukkan komitmen mereka memerkuat ekonomi digital di Indonesia. 

BACA JUGA:Trafik penggunaan Data Indosat Melonjak 17 Persen Selama Idulfitri

Di samping itu pada akhir kuartal pertama 2024, jumlah pelanggan Indosat meningkat mencapai 100,8 juta pelanggan, atau naik 2,3 persen (yoy). Pertumbuhan ini berkontribusi pada lonjakan trafik data sebesar 14,3 persen (yoy) menjadi 3.858 Petabytes (PB). Peningkatan ini menurut Vikram terjadi seiring dengan adanya investasi strategis dalam meningkatkan infrastruktur jaringan. 

Sepanjang kuartal pertama pula, jumlah BTS 4G Indosat meningkat sebesar 20,8 persen (yoy) menjadi 184 ribu. 

“Hal ini memastikan konektivitas yang lancar dan pengalaman pelanggan yang lebih baik bagi basis pengguna yang berkembang pesat dan berkontribusi pada lonjakan ARPU (Pendapatan Rata-Rata Per Pengguna) sebesar 13,9 persen YoY untuk pelanggan seluler, yang mencapai Rp37.500,” terang Vikram dalam rilis resminya. 

Untuk di wilayah Kalimantan Sulawesi Maluku dan Papua (Kalisumapa), Indosat mencatat peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1 persen di kuartal pertama 2024, dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya. Jumlah pelanggan juga naik. Menjadi hampir 11,9 juta pengguna. 

BACA JUGA:Kualitas Jaringan Konsisten, Indosat Ooredoo Hutchison Dapat Penghargaan di Barcelona

Sepanjang kuartal pertama 2024 pula, total BTS 4G Indosat di wilayah Kalimantan juga meningkat 31,6 persen (yoy) menjadi lebih dari 15 ribu BTS 4G. Sedangkan di wilayah Sulawesi Maluku Papua naik 20,9 persen (yoy) menjadi lebih dari 13 ribu BTS 4G.

BACA JUGA:Indosat Ooredoo Hutchison Group Gandeng NVIDIA, Ciptakan Infrastruktur Komunikasi Berbasis AI

Ditambahkan Vikram, pengembangan jangkauan 4G hingga pedesaan, diyakini mampu menambah pengalaman freedom internet bagi pelanggan Indosat, khususnya di wilayah Timur Indonesia. 

“Kami terus meningkatkan jaringan kami untuk memastikan konektivitas yang lancar dan memberikan pengalaman yang mengesankan bagi pelanggan di seluruh Indonesia. Sementara itu, kami juga meningkatkan keunggulan operasional dan efisiensi kami secara signifikan, yang memungkinkan kami meraih pertumbuhan pendapatan dan terus meningkatkan profitabilitas," tutup Vikram.  

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: