Pemkab Berau Inginkan Sekolah Khusus Pariwisata Dibangun di Bumi Batiwakkal

Pemkab Berau Inginkan Sekolah Khusus Pariwisata Dibangun di Bumi Batiwakkal

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Berau, Ilyas Natsir-Disway Kaltim-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau menginginkan sekolah bidang pariwisata berbentuk sekolah negeri ataupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri yang ada di Kabupaten Berau.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Berau, Ilyas Natsir,  sangat mendukung diadakannya sekolah pariwisata negeri di wilayah Bumi Batiwakkal.

"Saya sangat mendukung dengan hal itu. Karena, ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya di bidang pariwisata ," ujar Ilyas Natsir, Kamis (2/5/2024).

BACA JUGA : Terbaik Kedua di Kaltim, Berau Raih Penghargaan Pembangunan Daerah

Pasalnya, Kabupaten Berau dipersiapkan untuk menyongsong perkembangan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di sektor pariwisata

Karena itu, diperlukan peningkatan SDM yang berkualitas untuk mendukung peningkatan di sektor pariwisata.

“Saat ini, di Berau ada satu sekolah yang salah satu jurusannya pariwisata, yaitu SMK Ma’arif. Itu tidak cukup untuk pendidikan di sektor pariwisata,” katanya.

Dikatakannya, pihaknya mengusulkan untuk pendidikan pariwisata bisa masuk ke dalam perguruan tinggi, seperti adanya prodi bidang pariwisata di Universitas Muhammadiyah Berau (UMB).

BACA JUGA : Pemkab Paser dan Universitas Widya Gama Mahakam Tekan MoU Program RPL

“Saya sudah komunikasikan ini sejak lama, karena potensi kita pada 2025 sampai 2045 itu pariwisata. Namun, untuk sekarang belum melakukan komunikasi dengan Disdik (Dinas Pendidikan) Provinsi," jelasnya.

Jika memang belum ada sekolah dibidang pariwisata, ia berharap, adanya beasiswa bagi pelajar atau mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa pariwisata.

“Kami sangat berharap, mudah-mudahan pemerintah mendukung untuk peningkatan SDM dibidang pariwisata melalui pendidikan pariwisata,” pungkasnya. 

BACA JUGA : Peringatan Hardiknas 2024 di Paser Jadi Momentum Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: