Dengan Adanya IKN, Kaltim Diharapkan Menjadi Pusat Episentrum Budaya

Dengan Adanya IKN, Kaltim Diharapkan Menjadi Pusat Episentrum Budaya

Once Mekel- Dok Disway Kaltim--

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Dengan adanya Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kaltim diharapkan menjadi pusat episentrum budaya di Indonesia.

Tentunya ini merupakan keuntungan Kaltim guna bersinergi dengan IKN Nusantara.

Hal ini menjadi topik perbincangan yang hangat pada Talkshow Hari Musik Nasional yang diadakan Pemprov Kaltim di Atrium Big Mall Samarinda pada Sabtu (27/4/2024) malam tadi.

“Di Kaltim sebagai calon IKN, harusnya juga bisa membuat festival musik terbesar se-Borneo. Kita jadikan Kaltim sebagai pusat episentrum budaya," kata Penyanyi dan penulis lagu kondang Dwiki Dharmawan saat bincang-bincangnya pada acara Talkshow tadi malam.

BACA JUGA : Pantai Seraya, Destinasi Wisata Murah Meriah di Tengah Kota Balikpapan

Menurut Dwiki, musik memliki kekuatan untuk menanamkan rasa nasionalisme dan jiwa cinta tanah air kepada para penikmatnya.

Terkhusus kepada anak muda yang sekarang tidak terlepas dari lagu dalam kehidupan sehari-hari.

Tak hanya bisa meningkatkan rasa nasionalisme saja, musik juga bisa menjadi daya tarik yang menawan pada sektor pariwisata.

“Saya sudah menekuni karir bermusik selama 40 tahun. Sudah 80 negara saya kunjungi dalam berbagai festival musik. Di Serawak ada acara Rainforest World Music Festival dan itu meriah sekali,” ungkap Dwiki.

BACA JUGA : Peringati Hari Musik Nasional, Pappri Kaltim Boyong Once dan Banyak Artis Lainnya ke Samarinda

Senada, Solois ternama Indonesia, Once Mekel juga mengutarakan pendapatannya tentang musik yang bisa menjadi bahasa persatuan di Indonesia.

“Kita ini bangsa yang besar. Banyak sekali perbedaanya. Suku, budaya, ras, agama, bahkan pilihan politik. Lantas apa yang bisa menyatukan kita? Salah satunya adalah musik. Musik adalah bahasa universal yang mampu menyatukan perasaan kita,” ucap penyanyi yang melejit dengan lagu ‘Kucinta Kau Apa Adanya’.

Once Mekel juga membagikan strategi yang jitu untuk memajukan indsutri musik di Kaltim.

BACA JUGA : Pelaku Peredaran Narkoba di Balikpapan Barat Dibekuk Saat Lakukan Transaksi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: