SIGAP Sejahtera, Program Majukan Pembangunan Daerah Kolaborasi Berbagai Pihak

SIGAP Sejahtera, Program Majukan Pembangunan Daerah Kolaborasi Berbagai Pihak

Program SIGAP Sejahtera dorong pengembangan kampung di Berau-istimewa-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Program Pejuang Aksi Inspiratif Warga untuk Perubahan (SIGAP) Sejahtera adalah program kolaborasi dari Pemerintah Daerah bersama konsorsium.

Di antaranya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK), PT Berau Coal melalui Yayasan Dharma Bhakti Berau Coal, Yayasan Lingkar Rakyat Nusantara, dan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN), yang mana berfokus pada pengembangan ekonomi masyarakat dan kemajuan kampung di Kabupaten Berau.

Kepala Dinas DPMK Berau, Tenteram Rahayu mengatakan, program SIGAP Sejahtera merupakan program kolaborasi dari Pemerintah daerah, khususnya DPMK dengan PT Berau Coal melalui Yayasan Dharma Bhakti Berau Coal dalam pengembangan ekonomi, seperti pengembangan produk unggulan daerah.

Dirinya mencontohkan, seperti program pengembangan kakao yang mana PT Berau Coal juga berfokus untuk pengembangan kakao.

BACA JUGA : Buntut Kritik Infrastruktur Jalan di Kaltim, Barikade Tantang Rudy Mas'ud Debat Terbuka

"Kita ini kan sekarang salah satu produk unggulan daerah itu Kakao. Sekarang kan Berau Coal juga fokus ke Kakao. Nah jadi sejalan sudah, contoh ada labanan Makarti itu juga ada pendampingan dari Berau Coal juga," katanya.

Dikatakannya, salah satu contoh nyatanya yaitu BUMK Labanan Makarti sudah lebih maju sebagai tempat belajar. Ke depannya juga ada beberapa sentra perkebunan kakao yang nantinya dipadukan juga dengan program PT Berau Coal.

Selain itu, beberapa Bumdes yang hampir semua berada di lingkar tambang berjalan dengan cukup bagus.

Karena, menurutnya ada kemitraan Bumdes dengan perusahaan tambang. Jadi, Program SIGAP ini selain mendukung program pemerintah juga selaras dengan pihak-pihak swasta seperti PT Berau Coal.

"Seperti misalnya mereka katering, atau suplai makanan dan air, ataupun soal sewa menyewa dan sebagainya. Dengan adanya itu kita sangat terbantu," katanya.

BACA JUGA : Penumpang Kapal Demo di Pelabuhan Semayang, Gara-gara Makanan Basi dan Fasilitas Buruk

Selama ini, bantuan yang diluncurkan oleh PT Berau Coal itu ada pendanaan, ada beberapa kegiatan-kegiatan yang langsung dilaksanakan oleh PT Berau Coal sendiri, seperti peningkatan kapasitas SDM pejuang sigap maupun masyarakat.

"Kita merasakan bahwa program SIGAP ini sangat membantu pemerintah daerah, terutama terhadap pendampingan suatu kampung. Sehingga dari awal sigap sampai akhir ini, itu sekarang sudah ada 17 desa yang IDM nya Mandiri," tuturnya.

Para pihak khususnya DPMK dan Berau Coal akan terus bersinergi dalam program pengembangan potensi ekonomi kampung melalui pengembangan produk unggulan kampung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: