Hari Pertama Kerja Usai Libur Idulfitri, Pj Gubernur Kaltim Sidak Pusat Pelayanan Publik

Hari Pertama Kerja Usai Libur Idulfitri, Pj Gubernur Kaltim Sidak Pusat Pelayanan Publik

Penjabat Gubernur Kaltim, Akmal Malik bersama jajaran saat melaksanakan Sidak di beberapa tempat pelayanan publik.-(Dok. Humas Pemprov Kaltim)-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Seluruh pegawai di lingkungan Pemprov Kaltim kembali memasuki hari kerja pada hari Selasa, 16 April 2024 setelah liburan panjang Idulfitri 1445 Hijriah.

Di hari pertama kerja ini, Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik yang didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kaltim Sri Wahyuni melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di beberapa tempat pelayanan publik yang ada di bawah naungan Pemprov Kaltim.

Beberapa tempat tersebut di antaranya, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Wahab Sjahranie (AWS) Samarinda, Rumah Sakit Jiwa Atma Husada Mahakam.

BACA JUGA: Air Bersih Belum Mengalir Sejak Lebaran, Warga Damanhuri Menjerit  

Kemudian Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Induk Samarinda di Jalan Wahid Hasyim dan Kantor Bersama Samsat Pembantu Alaya di Sungai Pinang Dalam,  Kecamatan Samarinda Utara.

Akmal Malik mengatakan, sidak ini untuk mengetahui langsung proses pelayanan publik. Kemudian untuk memastikan bahwa seluruh pegawai, baik yang ASN maupun non ASN sudah taat aturan kerja. Terutama pada hari pertama kerja setelah liburan panjang.

BACA JUGA: Libur Lebaran 2024 Usai, SPKT Polresta Balikpapan Diserbu Masyarakat

"Kami bersama jajaran pemerintah provinsi ada IBu Sekda, Pak Asisten, Kepala BKD, Inspektorat, mencoba melihat apakah ASN kita itu sudah melaksanakan kewajibannya, untuk kembali bertugas setelah selesai cuti lebaran. Alhamdulillah berjalan dengan baik," kata Akmal Malik kepada wartawan usai meninjau langsung aktivitas pelayanan publik di Kantor Samsat Induk, di Jalan Wahid Hasyim, Kota Samarinda.

Dari hasil peninjauan tersebut, Akmal Malik mengaku telah melihat langsung kondisi pelayanan publik yang dinilai masih terdapat kendala dan perlu dilakukan perbaikan. Seperti yang terjadi di beberapa rumah sakit yang telah didatanginya terdapat antrian panjang pasien.

BACA JUGA: Volume Sampah di Balikpapan Meningkat, Terbanyak di Hari H Lebaran Capai 800 Ton Sehari

Menurutnya, dengan adanya peninjauan langsung, maka dapat diketahui persoalan-persoalan yang terjadi, serta dapat dipikirkan bersama solusi terbaiknya.

"Itulah kenapa pentingnya kita turun ke lapangan untuk melihat permasalahan dan mencarikan solusinya. Intinya kita terus dari waktu ke waktu akan terus memperbaiki ini," ujar Akmal Malik. 

Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri ini pun menilai, untuk pelayanan di Samsat sudah berjalan dengan baik.

BACA JUGA: Rudy Mas'ud Soroti Jalan Nasional di Kaltim, Sebut Gubernur Kaltim Kurang Lobi ke Pemerintah Pusat 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: