Volume Sampah di Balikpapan Meningkat, Terbanyak di Hari H Lebaran Capai 800 Ton Sehari

Volume Sampah di Balikpapan Meningkat, Terbanyak di Hari H Lebaran Capai 800 Ton Sehari

Lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Manggar di Balikpapan Timur. (Istimewa).--

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan telah menyiapkan strategi khusus untuk menangani lonjakan volume sampah selama periode libur lebaran. Hal ini disampaikan oleh Kabid Kebersihan DLH Kota Balikpapan, Dody Yulianto.

"Kami sudah mengantisipasi lonjakan sampah sejak sebelum Ramadan dan diprediksikan peningkatan sampah mencapai 50 ton per hari selama Ramadan. Sedangkan pada hari pertama dan kedua lebaran meningkat dua kali lipat,” ujar Dody.

BACA JUGA : Volume Sampah di Berau Terus Meningkat Sejak Ramadan Hingga Hari Raya Idulfitri 1445 H

Pasalnya di hari-hari biasa, volume sampah itu 400-450 ton. Untuk di bulan Ramadan mengalami peningkatan menjadi 450 sampai 500 ton per hari.

Selanjutnya pada saat malam lebaran dan hari H lebaran menjadi 800 ton per harinya. 

“Tapi setelah memasuki hari kedua lebaran, produksi sampah sudah berangsur menurun dan kembali normal hingga kini,” ungkap Dody.

Untuk mengatasinya, pihaknya telah meningkatkan jumlah pengangkutan sampah dari dua menjadi tiga kali per hari, dari satu unit kendaraan.

Pada malam lebaran, ritase bahkan bisa mencapai tujuh kali.

"Kami juga mengerahkan 120 unit armada khusus untuk malam lebaran dan hari pertama lebaran," tambah Dody.

BACA JUGA : Ormas Daerah Didorong Lestarikan Budaya hingga Ikut Akselarasi Pembangunan

Selain itu, DLH juga bekerja sama dengan instansi lain seperti Dinas Perhubungan dan kecamatan/kelurahan untuk membantu memantau volume sampah dan menjaga kebersihan kota.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk melakukan "Mudik Minim Sampah" dengan membawa wadah makan dan minum sendiri, tas belanja guna ulang, dan tidak membuang sisa makanan.

"Kami mohon masyarakat mentaati Perda Kota Balikpapan No. 4 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis. Dan dengan membuang sampah pada jam yang ditentukan, yaitu antara jam 6 sore dan 6 pagi, di TPS yang sudah disediakan," jelas Dody. 

BACA JUGA : ASN Balikpapan Perhatikan Ini: Libur Lebaran Sudah Usai, Wali Kota Tidak Izinkan WFH

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: