Anggaran Jumbo Pemkab Kukar untuk Dukung Sektor Pertanian

Anggaran Jumbo Pemkab Kukar untuk Dukung Sektor Pertanian

Beberapa tahun terakhir ini kebijakan Pemkab Kukar berubah. Sektor pertanian, perkebunan dan peternakan mendapat perhatian serius. -ist-diskominfo kukar


banner diskominfo kukar.-ist-diskominfo kukar

KUKAR, NOMORSATUKALTIM - Sejumlah anggaran besar digelontorkan Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) untuk sektor pertanian, perkebunan dan peternakan. Nilainya mencapai Rp 700 miliar. Menandai era baru bagi perekonomian di Kukar

Dana tersebut akan digunakan untuk membangun infrastruktur yang mendukung kegiatan agrikultur. Termasuk pembangunan pabrik pupuk, peningkatan infrastruktur pertanian, dan pembuatan embung.

Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, menegaskan bahwa anggaran ini merupakan bentuk dukungan pemerintah kepada petani.

“Kami berkomitmen untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi petani dan memastikan kebutuhan mereka terpenuhi,” kata Rendi.

Pemkab Kukar juga berinisiatif dalam modernisasi pertanian dengan memperbaharui alat dan metode tanam, serta memperbaiki infrastruktur jalan.

“Kami bertekad untuk memodernisasi pertanian,” ucap Rendi.

Pembangunan infrastruktur pertanian juga termasuk penambahan jaringan irigasi di lima kawasan pertanian terpadu, dengan rencana untuk membangun 69 kilometer jaringan irigasi baru dalam lima tahun ke depan.

Muhamad Rifani, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian dan Peternakan Kukar, menyatakan bahwa pembangunan infrastruktur pertanian adalah bagian dari rencana strategis daerah.

“Kami akan membangun jaringan irigasi baru sepanjang 69 kilometer,” ungkap Rifani. (*)

Jaringan irigasi yang direncanakan ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi pengairan dan produksi pertanian.

Dengan fokus pada perluasan lahan pertanian yang ada di enam kecamatan, mencakup total luas lahan 7.628 hektare, Pemerintah Kukar berambisi untuk mengembangkan sektor pertanian yang akan mendukung Kalimantan Timur dan Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai pusat pangan yang berkelanjutan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: