Perkenalkan Kesenian Adat, LMAKB Agendakan Audiensi dengan Otorita IKN

Perkenalkan Kesenian Adat, LMAKB Agendakan Audiensi dengan Otorita IKN

Panglima Laskar Mandau Adat Kalimantan Bersatu (LMAKB), Ali Amin dengan Panglima Besar Rudolf.-(Istimewa)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – Dalam rangka memperkenalkan kesenian adat serta memperluas jaringan, Laskar Mandau Adat Kalimantan Bersatu (LMAKB) berencana menggelar audiensi dengan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Hal tersebut disampaikan oleh Panglima LMAKB, Ali Amin.

“Jadi kami berencana mengadakan kunjungan ke IKN setelah Lebaran. Saya akan menghubungi otoritas IKN untuk mengatur audiensi,” ungkapnya, pada Senin (8/4/2024).

Ali menambahkan, pihaknya juga berencana untuk memperluas jaringan melalui kesenian tradisional.

BACA JUGA: Pesan Kapolda Kaltim kepada Pemudik: Hati-hati Kejahatan Hipnotis!

Tujuan utamanya, yakni memperkenalkan LMAKB kepada masyarakat luas termasuk di wilayah IKN nanti. Hail ini sesuai arahan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Laskar Mandau. 

Sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW), Ali Amin mengaku merasa wajib menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, dalam hal ini Otorita IKN serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltim.

BACA JUGA: Angkutan Sungai Masih Jadi Andalan Masyarakat Kaltim untuk Mudik Lintas Kabupaten

“Saya berharap dapat berkolaborasi dengan dinas-dinas terkait, seperti Dinas Pendidikan dan Dinas Pariwisata. Tujuan utama adalah menunjukkan bahwa Laskar Mandau ini memiliki kesenian yang kaya dan bernilai dari leluhur kami,” ujar Ali Amin.

Kesenian bukan hanya hiasan, tambahnya, melainkan bagian dari identitas budaya. Ia pun berkomitmen untuk mengangkat nilai-nilai leluhur yang salah satunya melalui kesenian.

BACA JUGA: Pemudik Capai 21 Ribu dalam Sehari, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Catat Rekor Terpadat  

Ditambahkan Ali, ketika nanti ada pelantikan pengurus di Penajam Paser Utara (PPU), pihaknya berharap kesenian tarian adat turut ditampilkan dalam acara.

“Jadi kita harus memiliki semangat untuk mengibarkan sayap Laskar Mandau di seluruh penjuru Kaltim, salah satunya melalui sosialisasi. Dan menegaskan bahwa kami juga akan berkontribusi dengan pemerintahan di Provinsi Kaltim,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: