Hetifah Sebut Produk Kuliner Paser Mampu Bersaing di IKN Nusantara

Hetifah Sebut Produk Kuliner Paser Mampu Bersaing di IKN Nusantara

Wakil Ketua DPR RI, Hetifah Sjaifudian saat membuka bimtek penguatan sektor kuliner di Kabupaten Paser.-istimewa-

PASER, NOMORSATUKALTIM - Hadirnya IKN Nusantara dipastikan bakal menarik banyak orang untuk datang.

Secara geografi, bertetangga dengan ibu kota negara diharapkan ada produk ekonomi kreatif khas Kabupaten Paser yang dikenalkan.

Hal itu dituturkan Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian saat membuka bimbingan teknis penguatan sektor kuliner dan promosi ekonomi kreatif di Kecamatan Kuaro, Kabupaten Paser.

BACA JUGA : Dorong Kreativitas Anak Muda Paser lalui Konten Video

Dirinya mengharapkan pasar produk ekonomi kreatif di Paser bukan hanya dipasarkan lokal saja, tapi juga untuk wisatawan.

Wisatawan datang ke Ibukota Nusantara (IKN) mencapai ribuan orang dan mereka selalu mencari makanan khas daerah.

"Diharapkan produk ekonomi kreatif di Paser juga bisa dipasarkan di wilayah IKN, Balikpapan, PPU (Penajam Paser Utara) dan sekitarnya," kata Hetifah, beberapa hari lalu.

Dirinya mengatakan, terdapat 17 sub sektor ekonomi kreatif, tapi yang paling prospektif menjanjikan yakni kuliner, terlebih menyumbang 42 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

BACA JUGA : Menkeu Sri Mulyani Tegaskan Tak Ada Perubahan Signifikan dalam Anggaran Bansos

Dengan fokus pada peningkatan ekonomi kreatif juga dipastikan akan menciptakan lapangan kerja dan menyerap tenaga kerja.

Dirinya mengingatkan produk yang dihasilkan harus dikemas menarik mungkin, bukan hanya soal rasa.

"Ekonomi kreatif sub sektor kuliner sangat menjanjikan sekali, saya lihat tadi sudah ada produk UMKM di Paser yang sudah layak dijual hingga luar daerah," terangnya.

Dikatakannya, SDM ekonomi kreatif bukan sekedar bakat alami, tapi juga harus mengikuti perkembangan zaman, dan sentuhan kreativitas serta kultur budaya.

BACA JUGA : Sejumlah Tokoh Nasional Diisukan Berlaga pada Pilgub Kaltim, Ajakan Pilih Pemimpin Putra Daerah Mulai Bergema

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: