Dinkes Kaltim Bangun Posko Kesehatan untuk Pemudik, Catat Lokasinya

Dinkes Kaltim Bangun Posko Kesehatan untuk Pemudik, Catat Lokasinya

Kepala Dinas Kesehatan Kaltim Jaya Mualimin.-Iswanto/Disway-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltim akan mendirikan sejumlah posko kesehatan guna memperlancar pelaksanaan arus mudik lebaran 2024. Hal itu disampaikan Kepala Dinkes Kaltim Jaya Mualimin. 

Ia menjelaskan bahwa posko-posko kesehatan tersebut akan dibangun di jalur strategis. Sehingga proses arus mudik lebaran dapat berjalan lancar dan sehat.

"Posko-posko ini didirikan di jalur utama mudik dan di tempat-tempat wisata saat Lebaran. Ini sebagai langkah antisipatif kegawatdaruratan agar pemudik bisa melakukan perjalanan secara sehat dan selamat sampai tujuan," kata Jaya Mualimin, Kamis 4 April 2024.

Jaya menjelaskan bahwa posko-posko tersebut akan dioperasikan oleh petugas kesehatan dari puskesmas. Dibantu oleh relawan dari lembaga swadaya masyarakat (LSM), Palang Merah Indonesia (PMI) serta TNI-POLRI.

BACA JUGA:Tetap Puasa Meski Sedang Mudik Ternyata Bisa Dilakukan, Lakukan Hal Berikut Sebagai Persiapan

"Nanti di posko-posko kesehatan tersebut juga akan menyediakan layanan skrining dan konseling kesehatan," jelasnya.

Posko-posko kesehatan yang didirikan Dinkes Kaltim difokuskan di wilayah strategis. Di antarnaya jalan poros utama mudik rute Samarinda - Berau, Samarinda - Kutai Barat, serta rute menuju Kabupaten Paser dan perbatasan Kalimantan Selatan.

"Semua posko kesehatan sudah siap beroperasi delapan hari sebelum Lebaran dan delapan hari setelahnya, bekerja sama dengan puskesmas yang berdekatan dengan jalur poros," katanya.

Jaya berharap posko-posko kesehatan tersebut dapat membantu masyarakat yang mudik, agar sehat dan lancar sampai tempat tujuannya masing-masing.

BACA JUGA:Amankan Arus Mudik Lebaran 2024, Polresta Samarinda Siapkan 800 Personel Gabungan

Untuk mudik sehat, ia menyarankan kepada masyarakat untuk memastikan kondisi kesehatan prima sebelum berangkat. Lalu istirahat cukup dan jangan memaksakan diri saat mengemudi, serta memperhatikan kondisi kendaraan dan pastikan laik jalan.

Jaya juga mengimbau masyarakat agar sebelum bepergian mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan seimbang. Kemudian menghindari konsumsi makanan berlebihan, terutama setelah berpuasa saat arus balik.

"Pastikan istirahat yang cukup, jangan memaksakan diri saat mengemudi, dan perhatikan kondisi kendaraan," serunya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: