Antisipasi Lonjakan Harga Bapokting Jelang Idulfitri, Disperindagkop Kaltim Bakal Sidak Sejumlah Pasar

Antisipasi Lonjakan Harga Bapokting Jelang Idulfitri, Disperindagkop Kaltim Bakal Sidak Sejumlah Pasar

Kepala Disperindagkop UKM Kaltim, Heni Purwaningsih.-net-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM- Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop UKM) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) bakal melaksanakan Inspeksi mendadak (Sidak) ke pasar-pasar. 

Sidak nanti akan menggandeng instansi terkait demi memastikan harga barang pokok penting (Bapokting) tidak melambung tinggi, jelang hari raya Idulfitri 2024.

"Mulai tanggal 1 April nanti, kami melakukan pengawasan terpadu dengan melibatkan beberapa stakeholder untuk melakukan Sidak retail, pasar dan beberapa distributor," ungkap Kepala Disperindagkop UKM Kaltim, Heni Purwaningsih.

BACA JUGA:Aktifkan Satgas RAFI, Pertamina Memastikan Layanan Energi Selama Ramadan dan IdulFitri di Kaltim Terpenuhi

Heni menyebutkan bahwa setiap menjelang hari besar keagamaan, terdapat beberapa barang kebutuhan pokok yang cenderung mengalami kenaikan. Sehingga, upaya sidak yang dilakukan itu bertujuan untuk memastikan sejumlah bahan pokok tidak mengalami kelangkaan. Termasuk harganya tidak mengalami kenaikan yang signifikan.

"Langkah pengawasan terpadu ini sangat penting. Kita juga mau pastikan stoknya aman dan cukup. Jadi masyarakat tidak perlu panic buying," ujar Heni.

Dalam mengantisipasi kenaikan harga sejumlah bahan pokok, Pihak Disperindagkop Kaltim juga selalu giat melaksanakan operasi pasar murah di beberapa tempat.

"Nanti tanggal 2 April kita lakukan operasi pasar di penajam Paser Utara. Sebelumnya kita sudah lakukan di Paser. Nantinya secara bertahap juga di kabupaten dan kota lainnya," terangnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: