Musim Pengaruhi Aktivitas Nelayan Melaut, Dinas Perikanan Pastikan Stok Ikan Tangkap Tercukupi

Musim Pengaruhi Aktivitas Nelayan Melaut, Dinas Perikanan Pastikan Stok Ikan Tangkap Tercukupi

Kepala Dinas Perikanan Berau, Dahniar Ratnawati.-Disway Kaltim-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Stok ikan di Kabupaten Berau dipastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat selama bulan Ramadan hingga lebaran.

Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Berau, Dahniar Ratnawati menjelaskan, musim menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku dari para nelayan di lapangan.

"Untuk perputaran ikan ini kita perlu melihat perilaku nelayan. Karena nelayan itu berlayar melihat musim." ujar Dahniar, Jumat (22/3/2024).

BACA JUGA : Egy Maulana Vikri Pastikan Kemenangan Timnas Indonesia Bungkam Vietnam dengan Skor 1-0

Dikatakannya, dalam proses penangkapan ikan, para nelayan yang menggunakan kapal pengangkut dengan kapasitas di atas 30 Gross Tonage (GT) akan istirahat jika memasuki bulan purnama.

"Untuk kapal-kapal besar di atas 30 GT, biasanya akan istirahat menjelang bulan purnama, sebab ikan kurang. Karena mereka melaut hanya di malam hari dan lokasinya jauh." bebernya.

Namun, kondisi ini tidak menjadi hambatan, sehingga membuat stok ikan bagi masyarakat berkurang. Sebab masih ada kapal jenis lain yang tetap beroperasi di siang hari.

"Kapal-kapal yang dibawah 30 GT tidak hanya melaut pada malam hari, tetapi pada siang hari juga," ujarnya.

BACA JUGA : Astaga, Remaja di Balikpapan Rudapaksa Teman Perempuannya yang Masih di Bawah Umur

Lebih lanjut, kondisi saat ini memang sedang bulan purnama. Sehingga banyak kapal yang istirahat. Tapi dirinya pastikan, setelah tanggal 26 Maret 2024, para nelayan akan kembali melaut.

"Setelah tanggal 26 itu mereka akan melaut lagi. Itu diperkirakan 15 sampai 20 hari (melaut). Nah harapan kita menjelang lebaran nanti mereka sudah bisa kembali dengan membawa hasil tangkapan," jelasnya.

BACA JUGA : Jumlah Penukaran Uang untuk Lebaran di Kaltim Meningkat karena Faktor IKN

Dahniar menyebut jumlah stok ikan yang masuk di Pasar Sanggam Adji Dilayas sekitar 2 hingga 4 ton perharinya. Namun tidak semua dikonsumsi, sebab sekitar 20 sampai 30% ikan yang masuk, dibawa keluar. Dan itu masih bisa mencukupi kebutuhan pangan ikan masyarakat Berau.

Untuk itu dirinya tetap optimis hingga lebaran nanti, ketersediaan ikan bagi masyarakat Berau tetap aman terpenuhi.

"Nah mengenai ikan menjelang lebaran itu, harapan kami insyaallah masih mencukupi sampai lebaran nanti" pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: