RSUD Panglima Sebaya Paser Kini Miliki Gedung Poli Jiwa

RSUD Panglima Sebaya Paser Kini Miliki Gedung Poli Jiwa

Gedung poli jiwa RSUD Panglima Sebaya kilometer 5 Jalan Kesuma Bangsa, Kecamatan Tanah Grogot. -istimewa-

PASER, NOMORSATUKALTIM - Gedung layanan poli jiwa kini telah dimiliki Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panglima Sebaya.

Rencana dalam waktu dekat akan mulai difungsikan, saat ini tinggal menunggu serah terima dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Paser.

Pelaksana tugas (Plt) RSUD Panglima Sebaya, dr Kamal Anshari mengatakan, pembangunan gedung layanan poli jiwa telah rampung dibangun pada 2023. Sementara untuk tenaga kesehatan yang dibutuhkan tak ada persoalan.

"Tenaga kesehatan untuk layanan poli jiwa ini juga sudah siap," kata Kamal Anshari, Minggu (25/2/2024). 

Katanya telah memilki dua dokter spesialis jiwa. Diketahui, gedung perawatan jiwa memiliki ruang 10 kapasitas tempat pasien. Selama ini RSUD Panglima Sebaya belum dapat melayani rawat inap menangani pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Sebelumnya untuk pasien ODGJ diitangani oleh Dinas Sosial. Namun ke depan setelah dilakukan serah terima, RSUD Panglima Sebaya telah dapat melayani poli jiwa beserta layanan inap.

Pada 2023 lalu, RSUD Panglima Sebaya mendapatkan dana dari Pemprov Kaltim sebesar Rp22 milliar. Peruntukkannya Rp10 miliar untuk alat kesehatan bagi pelayanan ibu dan bayi, sementara Rp 12 digunakan poli perawatan jiwa.

"Jadi jika ada pasien ODGJ ranahnya RSUD Panglima Sebaya yang langsung menangani, jika sebelumnya Dinas Sosial," tutup Kamal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: