Bawaslu Balikpapan Temukan 100 Kejadian Khusus saat Coblosan Pemilu 2024, Ada Dokumen Palsu

Bawaslu Balikpapan Temukan 100 Kejadian Khusus saat Coblosan Pemilu 2024, Ada Dokumen Palsu

Suasana tempat penyimpanan surat suara di STIE Balikpapan, Kamis (15/2/2024).-(Disway Kaltim/ Chandra)-

“Lalu kemarin KPU sudah memenuhi itu. Sedangkan masalah surat suara yang tertukar agar dikembalikan ke Dapil masing-masing,” jelas Ahmadi.

BACA JUGA: Indonesia Mengutuk Keras Serangan Israel ke Penampungan Pengungsi Palestina

Selain itu, Ia juga menyebutkan bahwa ada banyak pemilih tambahan di Kota Balikpapan, sehingga menimbulkan kerawanan kekurangan surat suara. 

"Di TPS hanya boleh mendistribusikan surat suara sebanyak jumlah DPT. Dedangkan DPTb tidak masuk di dalam situ. Sehingga kemarin itu dipastikan bahwa surat suara tercukupi. Apabila tidak tercukupi, maka dipindahkan ke TPS terdekatnya," tuturnya.

Ahmadi Aziz juga menjelaskan kejadian khusus lainnya. Masih ditemukan atribut partai politik (parpol) pada beberapa TPS di Balikpapan Tengah dan Timur. 

BACA JUGA: KPU Ungkap Situs Resminya Digempur Ratusan Juta Serangan Siber

Terkait hal ini, Bawaslu telah meminta saksi tersebut untuk melepaskan atribut parpol pada saat di TPS. 

"Kita melakukan penyampaian kepada teman-teman saksi juga, termasuk saksi yang mengunakan atribut untuk mengganti pada saat di TPS," ungkapnya.

Ia menambahkan, Bawaslu juga menemukan adanya kasus dokumen palsu. Namun dokumen palsu ini tidak sempat digunakan oleh seorang pemilih di Kecamatan Balikpapan Tengah. 

"Dia membawa dokumen keluarganya, seolah-olah dia ingin mencoblos tapi mengunakan identitas itu. Tapi karena ada pengawas di lapangan, itu bisa ditegur sehingga itu tidak terjadi. Kalau itu terjadi, maka dapat dikategorikan sebagai unsur pidana, bahkan bisa PSU," pungkas Ahmadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: