Sebentar Lagi, Cetak e-KTP di Balikpapan Bisa Dilakukan di Kecamatan

Sebentar Lagi, Cetak e-KTP di Balikpapan Bisa Dilakukan di Kecamatan

Ilustrasi - Seorang warga mengambil KTP dari mesin Anjungan Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Mandiri.-(Antara)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Proses cetak Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Kota Balikpapan, dalam waktu dekat sudah bisa dilakukan di kantor kecamatan.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan telah melakukan penyerahan mesin cetak e-KTP kepada enam pemerintah kecamatan di Kota Minyak.

"Trial (uji coba) akan kami lakukan Februari. Direncanakan launching kami lakukan saat HUT Kota Balikpapan," kata Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kota Balikpapan, Eni Mardiana.

BACA JUGA: Obesitas Kerap Terjadi di Masa Anak-anak, Ini 7 Faktor Umum yang Harus Diwaspadai

Menurutnya, peralatan untuk cetak KTP elektronik saat ini dalam proses instalasi dan penyetingan. 

"Kalau nanti sudah bisa cetak KTP di masing-masing kecamatan, maka masyarakat tidak perlu lagi datang ke capil," lanjutnya. 

Namun untuk proses perekaman, kata Eni, masih tetap harus datang ke kantor Disdukcapil Kota Balikpapan.

BACA JUGA: Pemkab Penajam Siapkan Rp20 Miliar untuk Tingkatkan Kualitas Perumahan Subsidi

Sementara itu, proses penyerahan mesin cetak e-KTP di Balikpapan Utara digelar bersamaan dengan program jemput bola perekaman KTP Elektronik untuk pemula.

Dikutip dari laman Pemkot Balikpapan, ada enam kelurahan yang jadi sasaran perekaman KTP Elektronik bagi penduduk tang memasuki usia 17 tahun ini.

Hingga Selasa (30/1/2024) kemarin, sebanyak 539 nama tercatat sebagai peserta perekaman e-KTP pemula di Kecamatan Balikpapan Utara ini. 

BACA JUGA: Forbes Merilis Daftar 10 Orang Terkaya di Asia 2024, Salah Satunya Taipan asal Indonesia

Beberapa di antara target perekaman belum terekam datanya karena terkendala domisili, karena sedang belajar di luar kota.

Pada 24-25 Januari 2024 lalu, perekaman jemput bola dilakukan di Kecamatan Balikpapan Utara. Selanjutnya direncanakan kegiatan serupa akan dilaksanakan di Kecamatan Balikpapan Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: