Sambut Ibu Kota Nusantara, DPRD Minta Pemprov Kaltim Siapkan Sumber Daya Manusia Pelaku UMKM

Sambut Ibu Kota Nusantara, DPRD Minta Pemprov Kaltim Siapkan Sumber Daya Manusia Pelaku UMKM

Wakil ketua DPRD Kalimantan Timur, Sigit Wibowo-(Disway/Iswanto)-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur (Kaltim), Sigit Wibowo meminta Pemprov Kaltim untuk menyiapkan SDM pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), apalagi dengan adanya Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menurut Sigit, kesiapan SDM pelaku usaha yang mumpuni menjadi kunci untuk memenangi persaingan. Sehingga pelaku usaha lokal tidak kalah dengan yang datang dari luar daerah.

"Kita tidak ingin pelaku UMKM lokal jadi penonton nanti," kata Sigit Wibowo, Kamis (18/1/2024).

Terkait dengan permintaan itu, Sigit mengusulkan agar program pelatihan yang bersertifikat harus terus digencarkan.

Pelatihan tersebut juga perlu atur sesuai dengan bidang-bidang usaha yang digeluti. Sehingga pelaku UMKM bisa lebih unggul di bidangnya. 

"Kita juga mengarahkan anak-anak lulusan dari SMA/SMK untuk mereka ambil sertifikasi, sehingga nantinya mereka mampu bersaing dengan SDM dari luar Kaltim," ujarnya.

Sigit menilai, sektor UMKM juga memiliki keterkaitan dengan sektor pariwisata di Kaltim.

Karena itu, ia meminta pemerintah melalui instansi terkait untuk mengoptimalkan pengelolaan pada sektor pariwisata, terutama aksesibilitas dan sarana penunjang lainnya.

"inj semua mesti kita persiapkan, karena tidak dapat dipungkiri potensi UMKM kita juga besar, karena itu perlu adanya peningkatan kemampuan," serunya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: