Kembali Digelar, Pesta Budaya Meja Panjang Kampung Merasa Masuk Kalender Pariwisata Kabupaten Berau

Kembali Digelar, Pesta Budaya Meja Panjang Kampung Merasa Masuk Kalender Pariwisata Kabupaten Berau

Kembali Digelar, Pesta Budaya Meja Panjang Kampung Merasa Masuk Kalender Pariwisata Kabupaten Berau-Disway Kaltim-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Sempat terhenti akibat pandemi Covid-19, kini Pemerintah Kampung Merasa kembali menggelar Pesta Budaya Meja Panjang. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kampung Merasa, Kecamatan Kelay, Kabupaten Berau dan dihadiri oleh Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, Kamis (28/12/2023).

 

Pada kesempatan itu, Sri Juniarsih menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan ini sebagai ajang pelestarian tradisi budaya. Terlebih, Kampung Merasa telah dinobatkan sebagai kampung wisata dan berhasil masuk 300 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia pada tahun 2022 lalu.

 

"Penghargaan ini harus kita buktikan, bahwa Kampung Merasa memang layak dikenal dan dikunjungi wisatawan sebagai wisata budaya yang luar biasa," ujarnya.

 

Perlu diketahui, pesta budaya meja panjang Kampung Merasa telah masuk dalam kalender wisata tahunan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim.

"Tentu kita harapkan ini dapat meningkatkan angka ekonomi, kunjungan wisatawan dan kesejahteraan masyarakat," ucapnya.

Dikatakannya, konsep tradisi Pesta Budaya Meja Panjang ini sarat akan makna. Seluruh masyarakat kampung yang dibagi menjadi lima Rukun Tetangga (RT) menyajikan makanan di atas meja yang memanjang.

 

"Setiap warga saling berkunjung ke meja masing-masing untuk berkumpul dan makan bersama, yang mana tujuannya adalah untuk mempererat jalinan persaudaraan, bukan hanya antar Suku Dayak, tetapi untuk semua etnis dan suku yang bermukim di Kampung Merasa," ungkapnya.

 

 

Sementara itu, Kepala Kampung (Kakam) Merasa, Julita menyampaikan seluruh RT Kampung Merasa ikut berpartisipasi dalam pesta budaya meja panjang dengan menyajikan makanan khas masing-masing dari RT 1 hingga RT 5.

 

Dirinya menyebut, pesta budaya meja panjang menghabiskan anggaran sebesar Rp 296 juta. Dana tersebut berasal dari berbagai penyumbang yang turut berpartisipasi memeriahkan pesta budaya.

 

"Atas nama pemerintah kampung kami mengucapkan terimakasih atas sumbangan para donatur salah satunya Pemerintah Kampung sebesar Rp 20.900.000, Ketua DPRD Berau, Madri Pani sebesar Rp 100 juta dan Bupati Berau Rp 100 juta. Dan total yang kami terima sebanyak Rp 375 juta," ucapnya, Kamis (28/12/2023).

 

Selain itu, Julita pun menyampaikan permohonan kepada pemerintah daerah agar fasilitas infrastruktur Kampung Merasa bisa lebih di tingkatkan kembali. Seperti Balai Adat, jalanan, penyediaan air bersih, pendidikan dan jaringan internet yang hingga sekarang belum bisa dirasakan oleh masyarakat kampung.

 

"Kami pun akan mengusahakan, kedepannya pesta meja panjang bisa lebih meriah lagi," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: