Ribuan Ubur-ubur Penghuni Danau di Pulau Kakaban Dilaporkan Menghilang, Benarkah Demikian?

Ribuan Ubur-ubur Penghuni Danau di Pulau Kakaban Dilaporkan Menghilang, Benarkah Demikian?

Ribuan Ubur-ubur Penghuni Danau di Pulau Kakaban Dilaporkan Menghilang-(ist)-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Ribuan ubur-ubur tidak menyengat, yang menjadi ikon wisata terkenal Pulau Kakaban, diduga tiba-tiba menghilang. Keberadaan ubur-ubur itu tidak terlihat wisatawan, meski biasanya mudah ditemukan saat mengunjungi danau di tengah laut tersebut.

 

Hal itu diungkapkan Zaiwa, salah satu pemerhati pariwisata Berau, yang baru-baru ini berkunjung ke Pulau Kakaban. Dia sebutkan, ubur-ubur yang lazim terlihat, kini sama sekali tidak nampak.

 

Kondisi lain yang membuatnya heran adalah warna air danau yang lebih hijau dari biasa. Bahkan di sekitar danau banyak ikan-ikan kecil mati.

 

"Intinya, ribuan ubur-ubur yang biasa mudah ditemukan wisatawan di Pulau Kakaban, diduga tiba-tiba menghilang tanpa sebab yang jelas. Kondisi danau juga berubah, airnya lebih hijau dan banyak ikan mati. Hal ini tentu menjadi misteri yang perlu diselidiki lebih lanjut," ucapnya.

 

Rasa air danau tersebut diakui Zaiwa juga berubah menjadi lebih asin dari biasanya. Padalah sebelumnya, air di danau Pulau Kakaban terasa tawar.

 

“Hal ini saya ketahui saat mendampingi kunjungan Pj Gubernur Kaltim beberapa waktu lalu. Saya heran kok ubur-ubur yang biasa terlihat sampai ribuan di permukaan, justru tidak tampak. Ke mana perginya ubu-ubur sebanyak itu,” sambungnya.

 

Dirinya berharap, agar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Berau segera melakukan penelitian terhadap destinasi wisata alam tersebut, untuk mengetahui kemana perginya ribuan ubur-ubur yang biasanya menguni danau tersebut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: