Promosi Wisata Kabupaten Berau Gencar Dilakukan

Promosi Wisata Kabupaten Berau Gencar Dilakukan

Pulau Maratua, Kabupaten berau-(istimewa)-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau terus menggencarkan promosi objek pariwisata dalam rangka meningkatkan jumlah kunjungan wisata.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Berau, Ilyas Natsir mengatakan, dengan promosi yang masif dan kreatif akan lebih mudah memperkenalkan Kabupaten Berau kepada wisatawan lokal maupun mancanegara.

"Targetnya bukan hanya berkunjung ke Pulau Maratua, tapi juga ke Pulau Derawan, termasuk Sangalaki, Kakaban dan beberapa pulau lainnya. Ditambah Bidukbiduk serta wisata alam yang menjadi prioritas baru pengembangan destinasi wisata di Berau," katanya, Rabu (3/4/2024).

BACA JUGA : Waspada Peredaran Uang Palsu Jelang Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah

Menurutnya, Kaniungan selama ini belum terlalu banyak diekspos. Namun, sempat pihaknya mempromosikan Kaniungan di Bali.

"Kalau untuk Labuan Cermin yang ada di Bidukbiduk sudah terkenal hingga internasional," imbuhnya.

Diakuinya, yang menjadi atensi adalah tidak adanya ruang pertemuan yang dapat menampung hingga ribuan orang pada destinasi wisata yang ada.

"Itulah kesempatan bagi investor untuk masuk dan membangun fasilitas penunjang di wilayah pesisir, yang mampu mendukung pengembangan pariwisata di level internasional," ujarnya.

BACA JUGA : Imbas Proyek IKN, Ditlantas Polda Kaltim Prediksikan Lonjakan Pengguna Jalan Tol Balsam

Kendati demikian, fasilitas penginapan di pesisir sudah mampu bersaing pada level internasional. Mengingat sudah cukup banyak resort dan penginapan yang dibangun dengan konsep berkelas. 

"Yang kurang mungkin di Derawan, kalau puncak liburan banyak wisatawan yang tidak tertampung," katanya.

BACA JUGA : DPRD Samarinda Godok Raperda Tentang Izin Usaha Kepariwisataan, Ditargetkan Rampung Bulan Juni

Dikatakannya, dukungan pemerintah daerah selama ini sangat luar biasa untuk pengembangan pariwisata di Berau. Terlebih untuk pemenuhan fasilitas yang terus terealisasi meski secara perlahan.

"Jalan di Maratua pun sudah diaspal. Sehingga, pada saat Indonesia mengalami usia emas pada 2045 mendatang, Kabupaten Berau sudah sangat luar biasa," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: