Akibat Longsor, Rumah Ester di Gn Sari Ilir Tak Bisa Ditinggali

Akibat Longsor, Rumah Ester di Gn Sari Ilir Tak Bisa Ditinggali

Lokasi longsoran di rumah Ibu Ester RT 10 No 34 Gn. Sari Ilir, Balikpapan Tengah. ============

Balikpapan, DiswayKaltim.com - Sebuah kejadian tanah longsor mengejutkan beberapa pemilik rumah di Jalan Abadi RT 10 nomor 34, Gang Restu, Kelurahan Gunung Sari Ilir, Balikpapan Tengah, Sabtu (7/12/2019) sore, sekitar pukul 18.20 Wita.

Pemilik rumah atas nama Ester Pareman (49). Menurut Ester, sebelumnya saat hujan deras mengguyur Balikpapan beberapa hari lalu sudah ada tanda-tanda tanah bergerak. Kemudian, ditambah sebuah pekerjaan yang dilakukan oleh tetangganya bernama Bakri yang membuat drainase, sehingga tanah semakin turun.

"Kapan hari pas hujan sudah gerak itu tanahnya. Nah pak Bakri dibawah itu lagi ngerjain paritnya. Tahu-tahu langsung longsor aja," jelasnya, Sabtu (7/12/2019).

Petugas BPBD yang tiba dilokasi kejadian pun langsung mengevakuasi warga yang tinggal di rumah tersebut. Terdapat 3 Kepala Keluarga dengan 7 jiwa yang diungsikan sementara ke lokasi lebih aman.

"Tadi diminta sama bapak-bapak itu (Petugas BPBD) untuk mengungsi di rumah keluarga dulu. Soalnya bagian dapur gantung itu," tambah Ester.

Rumah yang sebagian terbuat dari kayu ini untuk sementara waktu tidak dapat ditinggali.

Petugas BPBD pun sementara waktu hanya bisa menutup terpal pada bagian yang longsor. Sembari berdiskusi sama pemilik rumah langkah apa yang akan dilakukannya.

"Kita minta sementara tinggal sama keluarga terdekat dulu. Langkah awal kita tutup terpal. Kita juga masih rundingkan dengan pemilik rumah dan terdampak sekitar," ujar petugas BPBD, Darmanto. (bom/dah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: