Jawad Minta Pemda Fokus Kesiapan SDM Jelang Pemindahan IKN Nusantara

Jawad Minta Pemda Fokus Kesiapan SDM Jelang Pemindahan IKN Nusantara

--



Samarinda, nomorsatukaltim.disway.id - Anggota Komisi IV DPRD Kalimantan Timur (Kaltim), Abdul Jawad Sirajuddin menilai kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kaltim masih jauh tertinggal jika dibandingkan dengan daerah lain, contohnya dengan pulau Jawa.

Karena itu, Jawad mendorong Pemerintah daerah (Pemda) baik provinsi maupun kabupatenl/kota di Kaltim untuk lebih fokus dalam mempersiapkan SDM yang unggul, berkualitas dan tersertifikasi.

Ini dilakukan agar Kaltim betul-betul mempersiapkan diri sebelum pelaksanaan administrasi pemerintahan negara Nusantara resmi dipindahkan ke Kaltim.

"Kita ini bicara kesiapan hadirnya IKN ke Kaltim, sehingga peluang-peluang kerja dan bisnis yang ada nanti bisa diisi oleh warga lokal," kata Jawad, beberapa waktu lalu kepada wartawan.

Menurut Politikus PAN ini, dalam membangun kualitas SDM tentunya membutuhkan nominal anggaran yang tidak sedikit, karena itu ia meminta agar alokasi anggaran pendidikan perlu menjadi skala prioritas utama.

Pihaknya juga meminta agar Dinas Pendidikan dan Ketenagakerjaan lebih meningkatkan kerjasama, sehingga dalam hal menyiapkan SDM siap kerja di Kaltim dapat lebih maksimal.

"Pembangunan SDM ini harus di back up juga dengan anggaran, karena kalau tidak ada anggaran agak susah juga, otomatis progresnya akan lambat. Karena perlu diingat bahwa kualitas SDM di Kaltim ini masih jauh tertinggal dengan daerah lain," terangnya. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: