Over Kapasitas, Belasan Warga Binaan Rutan Grogot Dipindah ke Lapas Samarinda

Over Kapasitas, Belasan Warga Binaan Rutan Grogot Dipindah ke Lapas Samarinda

Proses pemindahan warga binaan dari Rutan Tanah Grogot ke Lapas Samarinda. -(Disway/ Istimewa)-

Paser, NOMORSATUKALTIM - Belasan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Tanah Grogot dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Samarinda.

Pemindahan dilakukan untuk alasan keamanan pembinaan. Karena Rutan Kelas IIB Tanah Grogot sudah over kapasitas mencapai 400 persen.

"Pemindahan ini dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi kelebihan jumlah WBP yang kondisinya melebih daya tampung,"  kata Kepala Rutan Kelas IIB Tanah Grogot, Bayu Muhammad, Rabu (8/11/2023).

Saat ini jumlah WBP di Rutan Kelas IIB Tanah Grogot mencapai 682 orang, sementara untuk daya tampungnya hanya untuk 160 orang. "Sebanyak 12 WBP kami pindahkan ke Lapas Samarinda," sebut Bayu.

Kepala Kesatuan Keamanan Rutan, Achmad Zaki Al Hasni menuturkan, pemindahan WBP sebagai bentuk pembinaan lanjutan bagi warga binaan. "Karena di Lapas, mereka (WBP) akan mendapat program (pembinaan) itu dengan lebih intensif," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Samarinda, Sukardi menyatakan pihaknya, menjalin sinergi dengan seluruh UPT pemasyarakatan untuk menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif.

"Selain untuk menangani over kapasitas, pemindahan ini juga sebagai upaya pengendalian pengamanan," pungkasnya.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: