Disperindag Kukar Siapkan 7 Ton Bahan Pokok untuk Gerakan Pangan Murah

Disperindag Kukar Siapkan 7 Ton Bahan Pokok untuk Gerakan Pangan Murah

Suasana Gerakan Pangan Murah yang digelar Disperindag Kukar.-(ist)-


--

Kukar, nomorsatukaltim- Hari Pangan Sedunia pada 16 Oktober, dijadikan momentum oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar untuk menggelar operasi pasar sebagai upaya menekan inflasi di masyarakat. 

Operasi pasar ini juga beriringan dengan program Gerakan Pangan Murah (GPM) yang menjadi program unggulan pasangan Bupati Edi Damansyah dan Rendi Solihin. 

GPM digelar di Kantor Bupati Kukar selama dua hari 16-17 Oktober.

GPM merupakan program yang bertujuan untuk menyediakan bahan pokok seperti beras, gula, dan minyak goreng dengan harga yang lebih murah dari pasar. 

Sebanyak 44 pedagang, baik dari OPD, KWT, maupun UMKM, ikut serta dalam program ini.

Kepala Disperindag Kukar, Arfan Boma Pratama, mengatakan bahwa program ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah daerah terhadap kesejahteraan masyarakat.

“Kami menyiapkan dua truk yang berisi 5-7 ton bahan pokok. Kami juga memberikan fasilitas kepada pelaku IKM yang ingin berjualan,” ujarnya.

Boma menambahkan bahwa harga komoditas yang ditawarkan di GPM sangat terjangkau. 

Misalnya, beras merek ETAM hanya Rp 70.000 per 5 kg, Premium Rp 64.000 per 5 kg, dan SPHP Rp 52.000 per 5 kg. Gula hanya Rp 14.000 per kg, minyak goreng hanya Rp 16.000 per liter, dan Rp 32.000 per 2 liter.

Selain bahan pokok, masyarakat juga dapat menikmati produk-produk dari IKM yang berasal dari produk pertanian.

Ada berbagai macam makanan dan cemilan yang ditawarkan pelaku IKM dari Anggana, Muara Badak, dan Tenggarong.

“Kami harap operasi pasar ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Kukar dalam mendapatkan bahan pokok yang murah,” tutur Boma. (*/adv/kominfokukar_23)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: