Veda Ega Masih Perkasa di Klasemen, Meski Gagal Raih Podium Race 1 ATC Thailand

Veda Ega Masih Perkasa di Klasemen, Meski Gagal Raih Podium Race 1 ATC Thailand

Veda Ega dengan nomor start 7 memimpin balapan IATC Mandalika 2023, Minggu (15/10/2023).-(Disway/ Istimewa)-

NOMORSATUKALTIM – Veda Ega Pratama masih memuncaki klasemen sementara Asia Talent Cup (ATC), meski harus finish di posisi 5 pada Race 1 Asia Talent Cup (ATC) seri Thailand yang berlangsung di Sirkuit Internasional Chang, Buriram, pada Sabtu (28/10/2023) sore.

Hasil dari seri ini, Veda Ega berada di posisi 1 klasemen dengan koleksi 156 poin, terpaut 55 poin dari pembalap Jepang Zen Mitani di posisi 2, dan 65 poin dari pembalap Thailand Jakkreephat Phuettisan.

Untuk Race 1 ATC seri Thailad sendiri, dimenangi oleh pebalap tuan rumah, Jakkreephat Phuettisan setelah berhasil menyalip Veda Ega di tikungan terakhir lap ke-15.

Sementara podium 2 dan 3 diraih pembalap Jepang, Sinya Ezawa dan Amon Odaki.

Veda gagal mempertahankan dominasinya pada putaran terakhir (last lap) karena terlibat kontak dengan Amon Odaki yang bermanuver dari sisi dalam tikungan terakhir Sirkuit Chang.

Bahkan dalam kontak ini, pembalap muda andalan Indonesia ini nyaris terjatuh. Beruntung Veda mampu melakukan penyelamatan, sehingga tetap bisa menyentuh garis finish pada posisi 5.  

Jalannya balapan, Veda Ega Pratama memulai balapan dari pole position. Veda cukup mendominasi setiap putaran balapan yang berlangsung selama 15 lap. Dan terus ditempel ketat pembalap ruan rumah  Jakkreephat Phuettisan diikuti Amon Odaki, Zen Mitani, dan Sinya Ezawa.

Aksi saling salip menyalip antara 5 pebalap terdepan ini terus berlangsung, hingga tercipta gap 9 detik dari rombongan kedua pada lap ke-12.

Veda berkali-kali berhasil menjaga dominasi di posisi 1, meski terus mendapat serangan bertubi-tubi dari Phuettisan, Odaki, Mitani dan Ezawa. Berkat strategi slip stream, 5 pembalap muda Asia ini saling bergantian memimpin jalannya perlombaan.

Hingga pada putaran terakhir atau lap 15, Veda sempat berusaha berusaha menjauh dari rombongan. Namun empat rival di belakangannya sukses menjalankan strategi slip stream sehingga Veda gagal memperlebar jarak.

Bahkan pada tikungan terakhir, strategi late braking Puettisan berhasil menyerang celah sisi dalam Veda. Di saat bersamaan, Odaki mendadak masuk racing line Veda. Veda nyaris low side namun berhasil recovery.

Veda akhirnya harus puas di finish di posisi 5. Sedangkan pebalap Indonesia yang lain, Reykat Fadillah finish posisi 10, Chessy Meilandri posisi 14, dan Kiandra Ramadhipa Rasyadan gagal menyelesaikan balapan karena crash di tengah balapan.

Sementara itu, Race 2 ATC Thailand 2023 akan berlangsung hari Minggu (29/10/2023), pukul 10.45 WITA.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: