Race 2 ATC Sepang 2023: Veda Ega Pratama Cetak Sejarah

Race 2 ATC Sepang 2023: Veda Ega Pratama Cetak Sejarah

Veda Ega Pratama mengangkat pialanya usai memenangi Race 2 ATC Sepang, pada Minggu (12/11/2023).-(Disway/ Istimewa)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – Pembalap muda Indonesia, Veda Ega Pratama mencetak sejarah baru bagi dunia balap Tanah Air.

Veda menjadi pembalap Indonesia pertama yang menjuarai Asia Talent Cup (ATC), sejak kejuaraan ini digelar pertama kali pada 2014 silam.

Bocah 14 tahun ini berhasil mengunci gelar juara Asia Talent Cup 2023, usai memenangi pertarungan dramatis di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, pada Minggu (12/11/2023).

Veda harus bertahan dari gempuran 6 pembalap Jepang di 8 lap pertama, sebelum akhirnya memastikan diri merebut podium 1 pada Race 2 ATC 2023 ronde ke 5.  Diikuti Zen Mitani pada posisi 2 dan  Ryota Ogiwara di posisi 3.

Veda memastikan juara ATC 2023 mengantongi 206 poin. Terpaut 69 poin dari penantang terkuatnya Odaki yang hanya memiliki 137 poin.

Sementara balapan ATC 2023 menyisakan 50 poin tertinggi dari dua balapan tersisa Losail Qatar pada 17 November mendatang. Artinya, Odaki tak akan mampu melebihi perolehan poin veda meski memenangi dua balapan di ronde 6 tersebut.

Bocah berjuluk Rocket Boy ini semestinya bisa mengunci gelar di Race 1 ATC Sepang hari Sabtu (11/11/2023).

Namun, Veda harus menutup asa karena lowside di putaran kedua, sehingga gagal memetik poin karena tak bisa melanjutkan balapan.

 

 

 

Jalannya Balapan

Race 2 ATC seri kedua Sepang, Malaysia berlangsung dalam kondisi kering.

Veda ega yang start dari grid 5 langsung melesat sejak lampu merah dimatikan. Usai melibas tikungan 1, Veda langsung merangsek ke posisi 1, diikuti Takahira, Ezawa, Odaki, Mitani dan Ogiwara.

6 pembalap terdepan ini saling bergantian memimpin, hingga meninggalkan rombongan kedua yang dipimpin pembalap Thailand, Jakkreephat Phuettisan dengan keungulan 1 detik lebih di lap ke 3.

Hingga lap ke 5, Veda masih terlihat bermain aman. Bahkan, Veda sempat melorot di posisi 5, namun tetap menempel barisan depan yang diisi Odaki, Takahira, Ezawa, Ogiwara, dan Mitani.

Veda terlihat sedang mengatur penggunaan bannya agar bisa digeber di akhir balapan.

Hingga pada lap 8, Veda terpantau menjalankan strategi latebreaking-nya.

Usai memanfaatkan slip stream di track lurus Sirkuit Sepang, Veda langsung merangsek ke posisi 1 usai melibas genk Jepang di tikungan 1.

Di saat bersamaan Ezawa crash, sehingga barisan depan hanya menyisakan 5 pembalap.

Memasuki paruh lap 8, Veda sudah mampu meninggalkan lawan-lawannya dengan gap 1,2 detik.

Bahkan pada lap 9, Veda semakin menjauh dari gerombolan Jepang dengan selisih waktu 2 detik lebih.

Keunggulan ini berlangsung hingga lap terakhir.

Veda Ega Pratama memastikan kemenangannya di Race 2 ATC Sepang 2023. Indonesia Raya berkumandang di Sirkuit Sepang, Malaysia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: