RS Muara Bengkal Belum Beroperasi, Dewan akan Panggil Dinkes

RS Muara Bengkal Belum Beroperasi, Dewan akan Panggil Dinkes

Anggota DPRD Kutai Timur Faizal Rachman.--

Kutim, nomorsatukaltim – DPRD Kutai Timur menyayangkan Rumah Sakit (RS) Pratama Muara Bengkal belum beroperasi karena masih kekurangan dokter.

Padahal, pembangunan rumah sakit sudah 100 persen rampung dan fasilitas pun sudah dilengkapi.

Anggota DPRD Kutai Timur Faizal Rachman menyebut akan memanggil Dinas Kesehatan Kutim membahas persoalan tersebut. Sehingga kendala yang dialami oleh RS Pratama Muara Bengkal bisa menjadi perhatian utama pemerintah.

“Formasi dokter untuk rumah sakit ini telah dibuka, namun rekrutmen dokter spesialis dan umumnya masih terhambat. Untuk menjalankan rumah sakit dengan standar operasional yang sesuai, dokter yang berkualitas sangat diperlukan,” ujarnya, di gedung DPRD Kutim, Selasa (17/10/2023).

Politisi PDI-P ini juga meminta agar pemerintah daerah segera mengatasi persoalan rekrutmen dokter. Sebab status rumah sakit yang dibangun menggunakan uang rakyat tersebut sangat penting.

“Dalam upaya mengatasi kendala ini, Dinas Kesehatan perlu berperan dalam pengelolaan sumber daya manusia yang diperlukan untuk operasionalisasi rumah sakit ini,” tambahnya.

Lanjutnya, pemenuhan gaji dokter juga menjadi faktor penting dalam menarik dokter berkualitas ke RS Pratama Muara Bengkal. Karena itu ia menilai merevisi peraturan dan perubahan dalam sistem penggajian mungkin diperlukan.

Selain itu, ada regulasi baru yang menetapkan peran direktur rumah sakit dalam manajemen dan pengelolaan sumber daya rumah sakit, yang juga perlu untuk dianalisis.

"Semoga dengan dukungan sumber daya yang tersedia, rumah sakit ini dapat segera beroperasi dan melayani masyarakat," harapnya. (*adv/dprdkutim_23)

Post View: page counter

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: