DBON Kaltim Susun Rencana Bangun Sport Science

DBON Kaltim Susun Rencana Bangun Sport Science

Zairin Zain.-facebook-

Samarinda, nomorsatukaltim – Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) Kaltim akan mengadakan sport science di Bumi Etam, yang berpusat di Universitas Mulawarman (Unmul). Hal itu disampaikan Ketua DBON Kaltim Zairin Zain.

"Nanti kami mau buat sport science pusatnya nanti di Unmul," kata Zairin belum lama ini.

Meski begitu, pengadaan sport science ini tidak bisa cepat. Sebab, tim DBON masih ingin menghitung anggaran dan kesiapan dulu. Sport science sendiri bukanlah alat melainkan wadah dari berbagai disiplin ilmu mengenai keolahragaan.

Seperti fisiologi, biomekanika, nutrisi, strength and conditioning dan manajemen olahraga. Bagi atlet nanti akan terlihat kemampuan mereka melalui sport science ini.

"Misal di badminton,  nanti akan dilihat berapa kekuatan tangan, stamina dan sebagainya. Sport science ini cara kerjanya melihat dan mengukur kemampuan atlet," lugas Zairin.

Saat ini baru DKI Jakarta yang memiliki sport science. Kalau di Bumi Etam bisa terwujud, maka Kaltim akan menjadi provinsi luar DKI yang pertama memiliki sport science.

Sebagai catatan sport science meruapakan cabang keilmuan yang bisa diterapkan untuk mengoptimalkan hasil olahraga. Tujuannya tentu saja untuk mewujudkan program latihan yang sempurna sehingga atlet bisa terus fit dan jauh dari cedera. (cal/boy)

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: