Ke Spanyol bersama Dirut PDAM, Rizal Paparkan Rencana Desalinasi ke Investor

Ke Spanyol bersama Dirut PDAM, Rizal Paparkan Rencana Desalinasi ke Investor

Balikpapan, DiswayKaltim.com - Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi angkat bicara terkait kunjungannya ke Spanyol beberapa waktu lalu, bersama Dirut PDAM Balikpapan Haidir Effendi.

Kota yang jadi tujuan adalah Barcelona. Rizal dan Haidir datang menghadiri Smart City Expo World Congress 2019, yang berlangsung 19-21 November lalu.

"Undangan kongres dan pameran expo sedunia. Dalam smart city kan banyak yang ditampilkan. Teknologi baru, transportasi, manajemen air, lingkungan dan pemerintahan," kata Rizal kepada Disway Kaltim, Selasa (26/11/2019).

Menyelam minum air. Rizal dan Haidir pun belajar manajemen air. "Belajar. Bagaimana mengontrol kehilangan air. Ya mengetahui manajemen air," lanjutnya.

Dalam acara itu, Rizal dan Haidir berkesempatan bertemu dengan sejumlah investor negara Spanyol. Rencana desalinasi di Balikpapan disampaikan. Dipaparkan. Mereka tertarik dengan proyek itu.

"Ada pengusaha. Mereka tertarik dengan desalinasi. Sehingga Dirut PDAM Balikpapan kita bawa. Dan nanti kita lihat tindaklanjutnya," jelasnya.

Dikatakan Rizal, desalinasi dipaparkan di hadapan tujuh investor Spanyol. Seluruhnya tertarik untuk berinvestasi. Hanya saja, lanjut wali kota dua periode itu, mereka butuh data lebih rinci.

"Mereka minta data lebih rinci. Mereka tertarik dengan desalinasi. Mereka mau pelajari, karena ini kan bisnis. Proyek desalinasi juga kan kita akan lelang Minggu depan," katanya.

Kunjungan Rizal dan Haidir ke Spanyol memunculkan kritik. Tak punya urgensi. Bahkan ada yang menyindir kenapa belajar air harus dilakukan hingga ke Spanyol. Itu dinilai buang-buang anggaran. (sah/dah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: