Air Bersih Paser Dikeluhkan

Air Bersih Paser Dikeluhkan

Paser, Nomorsatukaltim.com - Persoalan air bersih belakangan ini sering dikeluhkan masyarakat, seperti tak mengalir hingga beberapa hari. Kekesalan ini kerap ditumpahkan dalam sosial media.

Menanggapi keluhan masyarakat mengenai pelayanan air bersih, Bupati Paser, Fahmi Fadli tak menampik hal itu. Bahkan sering kualitas air yang disalurkan kepada masyarakat jauh dari kata layak.

"Saya menerima aduan dari masyarakat bahwa air yang sampai ke rumah itu keruh dan berlumpur," ucap Bupati Paser, Fahmi Fadli saat melakukan pertemuan dengan pihak Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Kandilo, beberapa hari lalu.

Tak hanya mengenai kualitas dan pendistribusian air bersih hingga ke rumah warga. Perihal pembayaran tagihan bulanan juga dikeluhkan masyarakat, lantaran kaget dengan pembayaran yang air dinilai mengalami kenaikan.

Fahmi meminta kejelasan pihak Perumdam Tirta Kandilo untuk mencarikan solusi atas permasalahan yang dialami masyarakat. "Hal ini perlu ada solusi agar tidak terus berlanjut," pinta kepala daerah berlatar belakang dokter itu.

Katanya, Perumdam Tirta Kandilo harus kembali pada tujuan awal terbentuknya yakni sebagai penyedia jasa air minum. Ia secara tegas meminta untuk untuk segera menyusun rencana pembangunan jangka pendek dan juga menengah.

Sementara itu, Direktur Perumdam Tirta Kandilo Suryanto Agustono menyebut keluhan masyarakat didasari beberapa hal, seperti kondisi air baku yang saat ini semakin buruk terutama saat musim hujan. Dimana air akan menjadi lebih keruh dan pada saat kemarau volume air baku juga mengalami pengurangan.

"Mengatasi permasalahan tersebut, kami memerlukan penambahan instalasi jaringan air bersih dan peremajaan pipanisasi," beber Suryanto.

Menyikapi hal itu, Asistensi Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Paser, Adi Maulana meminta pihak Perumdam Tirta Kandilo untuk segera membuat perencanaan pembangunan instalasi baru dan pelaksanaan peremajaan pipanisasi.

"Sehingga permasalahan air bersih ini bisa teratasi," ucap Adi Maulana.

Di tempat yang sama, Dewan Pengawasan Perumdam Tirta Kandilo, Ina Rosana menuturkan pihaknya bersama manajemen Perumdam Tirta Kandilo telah berkoordinasi untuk melaksanakan setiap arahan bupati Paser.

Antara lain berkaitan dengan penempatan SDM yang tepat, kemudian melaksanakan penyusunan perencanaan jangka pendek, menengah hingga panjang. "Segera kami lakukan persiapan, terutama pada ketersediaan SDM yang berkompeten, sehingga benar-benar mampu melaksanakan pelayanan penyaluran air bersih kepada masyarakat," tutup Ina. (*)

Reporter: Achmad Syamsir Awal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: