Tiga Tower BTS Dipastikan Dibangun

Tiga Tower BTS Dipastikan Dibangun

Paser, Nomorsatukaltim.com - Dipastikan pada tahun ini pengerjaan pembangunan tower Base Transceiver Station (BTS) di Kabupaten Paser sebanyak tiga titik. Masing-masing di Desa Muara Toyu Kecamatan Long Kali, Belimbing Kecamatan Long Ikis dan Muara Payang Kecamatan Muara Komam.

Hal ini menyusul telah adanya pemenang lelang pendirian tower di Desa Belimbing dan Muara Payang. Diinformasikan sebelumnya atau hingga akhir Mei masih berproses di Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (Barjas) Pemkab Paser. Sementara yang dapat dipastikan saat itu hanya di Desa Muara Toyu.

"Lelang ketiga sudah dilakukan dan untuk tower di dua desa itu (Belimbing dan Muara Payang) sudah ada pemenang tendernya," kata Fungsional Penyedia Barjas Kabupaten Paser, Nur Idmansyah, Senin (19/6/2023).

Diketahui pembangunan menara ini sempat gagal dua kali dua kali gagal tender, hingga akhirnya pada 6 dan 7 Juni 2023 tender ketiga dan dimenangkan oleh perusahaan yang sama dengan pengerjaan tower di Desa Muara Tou Kecamatan Long Kali.

Dua tower BTS tersebut akan dikerjakan oleh perusahaan yang sama yang juga mengerjakan satu tower di Desa Muara Toyu Kecamatan Long Kali. "Jadi perusahaan ini mengerjakan tiga buah tower BTS di tahun 2023. Yakni CV Fortuna Mandiri Sakti," sebutnya.

Katanya pengerjaan pembangunan tower tak jadi soal jika dikerjakan satu perusahaan yang sama. Hal itu masih dapat dilakukan, lantaran setiap satu perusahaan maksimal hanya bisa mengerjakan lima pekerjaan dalam satu tahun.

"Perusahaan ini baru mengerjakan tiga pekerjaan di tahun ini, terlebih lagi perusahaan ini memiliki peralatan dan tim ahli pada setiap masing-masing pekerjaan," bebernya.

Proses lelang dikatakan dia sudah selesai di bidang Pengadaan Barang dan Jasa, setelahnya untuk penandatanganan kontrak diserahkan sepenuhnya ke Diskominfostaper.

"Kewenangan kami sudah selesai, untuk tahap selanjutnya diserahkan pada dinas pengelola anggaran," tandas Idmansyah.

Lanjut dia, pengerjaan tower tersebut mesti selesai selama 120 hari kalender untuk setiap unit BTS sejak ditandatanganinya kontrak kerjasama.

Nilai proyek BTS di Desa Belimbing sebesar Rp 2,3 miliar untuk Harga Perkiraan Sendiri (HPS), sementara harga setelah negosiasi Rp2,87 miliar, Muara Toyu HPS nya senilai Rp2,12 miliar dan penawaran Rp 2,08 miliar dan Muara Payang Rp2,31 miliar HPS dan penawaran Rp 2,3 miliar. (*)

Reporter: Achmad Syamsir Awal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: