Orang Dewasa Dominan Menyebar Informasi Negatif, Anak dan Remaja jadi Korban

Orang Dewasa Dominan Menyebar Informasi Negatif, Anak dan Remaja jadi Korban

Andi Muhammad Abdi. (M8/DiswayKaltim)

Samarinda, DiswayKaltim.com - Jangan asal terima informasi tanpa diseleksi. Karena itu publik perlu melek informasi. Salah satunya melalui program literasi media.

"Masyarakat wajib selektif terhadap informasi yang beredar," ujar Komisioner KPID Kaltim Andi Muhammad Abdi usai kegiatan literasi media di kantor Gubernur Kaltim, Kamis (21/11/2019).

Sementara itu Anggota Jaringan Penggiat Literasi Digital, Dr Liliek Budiastuti Wiratmo sangat mengapresiasi kegiatan KPID.

Menurutnya tidak hanya informasi yang dapat memengaruhi perilaku masyarakat. Namun juga program acara media di televisi.  Kerap menayangkan hiburan namun luput  sentuhan edukasi.

Dosen Universitas Diponegoro (Undip) Semarang itu menambahkan penyebaran informasi negatif lebih banyak dilakukan masyarakat usia dewasa.

Sementara anak-anak hingga remaja menjadi korban. Sebab lebih banyak mengonsumsi informasi itu.

Dirinya memberikan perhatian yang besar terhadap persoalan tersebut. Dia berharap KPID dapat mengawasi informasi yang beredar di media lokal Kaltim.

"Sangat penting bagaimana masyarakat terlebih pelajar, bagaiman memahami informasi negatif dari media massa," terangnya. (M8/boy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: