Jaga Pesisir dari Abrasi, DPRD Paser Desak Pemkab Alokasikan Anggaran Penanaman Mangrove

Jaga Pesisir dari Abrasi, DPRD Paser Desak Pemkab Alokasikan Anggaran Penanaman Mangrove

Paser, Nomorsatukaltim.com - Sebanyak 1.000 bibit mangrove ditanam di pesisir Desa Pasir Mayang, Kecamatan Kuaro. Kegiatan yang dilaksanakan itu puncak penanaman mangrove nasional secara serentak oleh jajaran TNI di seluruh Indonesia.

Penanaman mangrove tak hanya dilakukan oleh jajaran Kodim 0904/PSR, namun juga melibatkan pihak Pemkab Paser dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Salah satunya Anggota Komisi III DPRD Paser, Eva Sanjaya yang turut ambil bagian. Sebelum mulai dilakukan penanaman lebih dulu mendengarkan arahan dari Presiden Indonesia, Joko Widodo secara virtual.

"Sesuai arahan Presiden jika keberadaan mangrove harus kita jaga dan rawat bersama," ucap Eva Sanjaya mewakili ketua DPRD Paser, Senin (15/5/2023).

Dirinya berharap apa yang disampaikan dapat dijalankan, khususnya oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser. Eva menginginkan dapat mengalokasikan anggaran untuk penanggulangan abrasi.

"Setidaknya juga dapat mengucurkan anggaran untuk penanaman mangrove selanjutnya," pinta Eva.

Selain itu dapat melakukan penanaman mangrove di daerah pesisir lain. Yakni Pemkab Paser nantinya tak hanya fokus pada satu kawasan. Ia menyebut jika di Bumi Daya Taka terdapat beberapa teluk.

"Salah satu contohnya di Kecamatan Tanjung Harapan sudah ada yang abrasi. Ini patut mendapatkan perhatian super," tuturnya.

Ia menekan Pemkab Paser untuk dapat mengecek abrasi yang terdapat di wilayah pesisir Kecamatan Tanjung Harapan. "Jadi di bibir pantainya sudah mengalami abrasi, ya perlu ditinjau dan kita tanam hingga dirawat bersama," jelas Eva.

Terlepas dari desakannya yang ditujukan pada Pemkab Paser, ia mengapresiasi Kodim 0904/PSR dalam upaya proteksi alam dengan menanam mangrove bersama unsur Forkopimda hingga dan stakeholder.

"Ini kegiatan positif dalam menjaga pesisir dari abrasi," tandasnya. (adv)

Reporter: Achmad Syamsir Awal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: