Serentak Seluruh Indonesia, 1.000 Mangrove Ditanam di Pasir Mayang

Serentak Seluruh Indonesia, 1.000 Mangrove Ditanam di Pasir Mayang

Paser, Nomorsatukaltim.com - Kodim 0904/PSR bersama Pemkab Paser dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melakukan penanaman mangrove di pesisir Desa Pasir Mayang, Kecamatan Kuaro, Kabupaten Paser.

Kegiatan ini puncak penanaman mangrove nasional secara serentak oleh jajaran TNI di seluruh Indonesia. Dandim 0904/PSR, Letkol Inf Ary Susetyo mengatakan sebanyak 1.000 mangrove yang ditanam di wilayah Pantai Pasir Mayang.

"Kami melakukan penanaman 1.000 mangrove dengan luasnya kurang lebih 1 hektare," kata Ary Susetyo, usai penanaman mangrove, Senin (15/5/2023).

Diketahui untuk penanaman 1.000 mangrove dituturkan Ary lebih dulu dilakukan pada Maret lalu, sebanyak 500 bibit. Barulah sisanya ditanam saat puncak penanaman mangrove nasional bersama Presiden Indonesia, Joko Widodo.

"Ini merupakan bentuk kecintaan kita terhadap lingkungan dengan moto mangrove better for life," tegasnya.

Diinformasikan, Joko Widodo melalui tayangan virtual meminta seluruh pihak untuk menjaga dan merawat hutan mangrove. Begitupun di tempat-tempat yang kritis harus ditanami kembali.

Orang nomor satu di Indonesia juga menekankan bahwa proses penanaman kembali hutan mangrove harus terus dilaksanakan. Hal itu juga untuk melindungi pesisir dari kemungkinan adanya perubahan iklim, sehingga air dari permukaan laut naik atau ada gelombang besar bisa menahan. Proteksi alam ini sangatlah diperlukan.

Dikonfirmasi mengenai arahan dari Joko Widodo, Dandim menegaskan kegiatan tak hanya setop pada penanaman saja, namun terus berlanjut dengan dilakukan pemeliharaan.

"Kedepannya tetap harus kita pelihara sesuai arahan Presiden RI. Kemudian kami cari sasaran-sasaran lain yang kemungkinan akan merusak lingkungan sekitar wilayah Paser untuk dilakukan penanaman mangrove," pungkas Ary Susetyo. (*)

Reporter: Achmad Syamsir Awal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: