Tingkatkan Pelayanan Air Bersih, Pemkab Paser MoU dengan PT Adhikari

Tingkatkan Pelayanan Air Bersih, Pemkab Paser MoU dengan PT Adhikari

Jakarta, Nomorsatukaltim.com - Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman dilakukan Pemkab Paser dengan PT Anagata Dhia Karya Mandiri (Adhikari).

MoU ini terkait guna memenuhi kebutuhan infrastruktur dasar, khususnya bidang air bersih. Nota kesepahaman ditandatangani Bupati Paser, dr Fahmi Fadli dan Direktur PT Adhikari, M Syaifullah.

Fahmi Fadli meminta Direktur Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Kandilo untuk bekerjasama dengan baik. Secara tegas dirinya mengatakan persoalan air bersih akan menjadi sorotan pada tahun-tahun mendatang.

"Kami berharap agar Perumdam Tirta Kandilo dapat mengelola air bersih dengan lebih baik ke depannya," ucap Fahmi usai penandatanganan MoU di Hotel Four Point by Sheraton, Jakarta, Selasa (2/5/2023).

Ia menyinggung terutama dalam hal administrasi, keuangan, produksi dan distribusi, sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat. Jalinan kerja sama ini mengenai perencanaan infrastruktur dan investasi di Kabupaten Paser.

Bupati  juga meminta kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan bidang terkait membantu memastikan ketersediaan air bersih di Bumi Daya Taka.

Di tempat yang sama, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Paser, Adi Maulana meminta Perumdam Tirta Kandilo harus melakukan langkah untuk meningkatkan pelayanan air bersih kepada masyarakat.

"Khususnya penyedian air bersih. Berharap dalam satu hingga tiga tahun kedepan sudah ada perbaikan," harap Adi Maulana.

Sementara tindak lanjut dari MoU itu, Adi Maulana mengatakan akan mengidentifikasi kondisi Perumdam Tirta Kandilo saat ini dan menetukan perbaikan yang harus dilakukan.

"Terpenting adalah melakukan pemetaan untuk menetapkan arah yang terukur dan tepat," tuturnya.

Langkah yang dilakukan Pemkab Paser ini sesuai dengan visi misi Paser MAS (Maju, Adil dan Sejahtera). Serta menjadi salah satu dari 9 program prioritas.

"Secara keseluruhan MoU ini bertujuan untuk meningkatkan akses air bersih di Kabupaten Paser, dan bupati berkomitmen untuk memastikan kesepakatan tersebut ditindaklanjuti secara efektif,” tandas Adi. (adv)

Reporter: Achmad Syamsir Awal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: