Ratusan Kios di Pasar SP 4 Marga Mulia Kongbeng Terbakar

Ratusan Kios di Pasar SP 4 Marga Mulia Kongbeng Terbakar

Kebakaran menghanguskan kios di Pasar SP 4 Marga Mulia. (ist)

Sangatta, DiswayKaltim.com - Ratusan kios di Pasar SP 4 Marga Mulia, Jalan Pahlawan desa Marga  Mulya, Kecamatan Kongbeng, Kutim hangus terbakar, Sabtu (26/10) kemarin malam.

Kebakaran juga menghanguskan 30 rumah yang berada dekat pasar. Akibat kebakaran tersebut, kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah.

Kapolres Kutim AKBP Teddy Ristiawan, melalui Sat Reskrim Polres Kutim mengungkapkan, kebakaran diketahui terjadi sekitar pukul 20.10 wita.

Berdasarkan keterangan saksi Gunawan Salim, Marsel, dan Andre, kata dia, api berasal dari salah satu neon box milik toko handphone Nindi cell. Kemudian mengeluarkan percikan api diduga korsleting listrik.

Pada saat itu langsung terbakar dan api menyambar salah satu ruko milik H Ake pedagang mainan. Kemudian api langsung membesar dan menjalar menghanguskan kios-kios.

"Apinya cepat membesar, karena banyak kios terbuat dari kayu. sehingga membakar banyak kios yang ada di pasar. Bahkan, ada 30 rumah yang berdekatan dengan pasar ikut hangus terbakar," katanya.

Upaya pemadaman dilakukan oleh pedagang dan warga setempat sebelum tim pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian. Namun, karena kencangnya tiupan angin, api sulit dipadamkan. Bahkan, enam mobil pemadam kebakaran yang datang ke lokasi membutuhkan waktu beberapa jam untuk mampu menghentikan kobaran api.

"Api baru dapat di padamkan pukul 23.00 wita. Dengan melibatkan 6 mobil pemadam milik kecamatan dan perusahaan," ujarnya.

Dalam peristiwa tersebut, sebagian pemilik kios berupaya menyelamatkan barang-barang dagangannya. Namun, akibat besarnya kobaran api, mereka akhirnya pasrah melihat kiosnya hangus dilalap si jago merah. Penyebap pasti kebakaran masih dalam penanganan Polsek Kongbeng dan Sat Reskrim Polres Kutim. (oke)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: